Wabah virus corona (Covid-19) yang menyerang Indonesia telah menjadi sebuah hal yang ditanggapi serius oleh pemerintah, sekolah diliburkan, kegiatan kantor dikurangi dan acara-acara besar harus ditunda sampai kondisi sudah kondusif.

Tak terkecuali dengan gelaran pameran otomotif terbesar di Indonesia yaitu IIMS 2020 yang rencananya akan digelar di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, pada tanggal 9-19 April 2020. Seiring dengan itu, masih dalam naungan perusahaan yang sama yaitu PT. Dyandra Promosindo, gelaran IIMS Makasar yang rencananya akan digelar pada tanggal 15-19 April 2020 juga resmi ditunda.

Tak hanya gelaran IIMS saja yang terkena dampaknya, gelaran GIIAS Surabaya yang dinaungi oleh GAIKINDO yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 20-29 Maret 2020 juga harus ditunda mengingat gentingnya suasana saat ini, sehingga kondisi pada tanggal tersebut sangat tidak dapat diprediksi.

Langkah yang diambil oleh kedua perusahaan tersebut merupakan langkah preventif demi mencegah penyebaran virus Covid-19 yang menyebar dengan sangat cepat melalui kontak antar manusia ataupun antar benda. Sehingga mengadakan acara sebesar ini sangat beresiko menambah penularan.

Baik pihak penyelenggara GIIAS maupun IIMS belum bisa memberikan tanggal baru untuk acara ini. Kondisi penyebaran yang tidak pasti dan himbauan instansi terkait menjadi faktor utama penundaan acara ini.