Situasi penyebaran virus COVID-19 di Indonesia saat ini masih berkembang pesat, dengan jumlah kasus yang dilaporkan terus meningkat. Pemerintah Indonesia secara terus menerus melakukan upaya-upaya pencegahan dan mitigasi dengan menyiapkan 132 rumah sakit rujukan di seluruh negara untuk mengendalikan laju penyebaran virus tersebut.

Menyikapi  situasi ini dan dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus COVID-19, Waze – aplikasi navigasi berbasis komunitas – telah menambahkan titik-titik pusat pemeriksaan medis dan rumah sakit rujukan di seluruh Indonesia pada petanya. Pengguna Waze dapat memasukkan kata kunci seperti “COVID”, “covid”, “coronavirus”, “corona virus”, dan “rumah sakit corona” untuk menemukan lokasi-lokasi pusat pemeriksaan terdekat.

Secara global, Waze juga telah menambahkan penutupan jalan, pusat pemeriksaan medis, dan fitur pengingat pop-up terkait – didukung oleh komunitas Map Editor.

Marlin R. Siahaan, Country Manager Waze Indonesia mengatakan, “Waze berkomitmen untuk membantu para pengemudi agar tetap aman selama COVID-19 masih mewabah, dengan memberikan informasi akurat dan up-to-date mengenai lokasi penutupan jalan, perawatan, dan pemeriksaan kesehatan terkait.”

Sangat penting untuk diketahui bahwa demam, batuk, sakit tenggorokan, kelelahan, dan sesak napas adalah beberapa gejala dari penyakit ini. “Jika pengguna kami mengalami gejala-gejala tersebut, mereka sangat disarankan untuk melakukan prosedur pemeriksaan di rumah sakit terdekat, yang dapat mereka temukan lokasinya di Waze.