Audi masih bermain di segmen kendaraan listrik (EV), meskipun ada perubahan rencana terkait transisi ke mobil listrik sepenuhnya dimana Audi telah mengumumkan bahwa mereka akan terus mengembangkan mobil bermesin pembakaran dan hibrida, serta tidak lagi berencana untuk menjadi produsen EV sepenuhnya pada tahun 2032.

Meskipun ada perubahan tersebut, Audi tetap memiliki beberapa model EV yang tersedia, salah satunya ada pada keluarga Q5 terbaru. Dengan keluarga Q5 baru, Audi telah memulai babak berikutnya dalam kisah sukses SUV premium di kelas menengah.

Model plug-in hybrid Audi Q5 SUV e-hybrid quattro12 dan Audi Q5 Sportback e-hybrid quattro34 juga menghadirkan semua keunggulan SUV dan Sportback di jalan raya: ruang, fleksibilitas, kesesuaian untuk penggunaan sehari-hari, penggerak quattro, ditambah siluet yang lebih progresif dan dinamis.

Bahasa desain yang lebih tinggi, teknologi mesin pembakaran mutakhir, dan konsep pengoperasian baru merupakan fitur luar biasa tambahan dari generasi baru ini. Dengan output sistem hingga 270 kW dan jangkauan listrik hingga 100 kilometer, model plug-in hybrid memadukan pengalaman berkendara yang nyaman secara sporty dengan perpaduan yang seimbang antara performa dan efisiensi.

Audi Q5 SUV e-hybrid quattro12 dan Audi Q5 Sportback e-hybrid quattro34 baru keduanya tersedia dalam dua level daya 220 kW dan 270 kW. Kendaraan ini digerakkan oleh mesin 2.0 TFSI dengan output 185 kW dan motor listrik. Pada versi 270 kW24, SUV dan Sportback dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 5,1 detik. Versi 220 kW13 dapat melaju dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,2 detik. Semua varian dapat mencapai kecepatan tertinggi 250 km/jam (155,3 mph). Transmisi kopling ganda elektrik yang dipadukan dengan penggerak quattro ultra memastikan pengalaman berkendara yang sporty namun nyaman.

Salah satu pengembangan baru adalah baterai bertegangan tinggi, yang sel-selnya pada Q5 e-hybrid disusun pada dua tingkat, satu di atas yang lain. Audi telah meningkatkan kapasitas baterai menjadi 25,9 kWh (net 20,7 kWh), sekitar 45 persen lebih tinggi dari pendahulunya. Daya pengisian AC maksimum adalah 11 kW. Jika baterai benar-benar kosong, dibutuhkan waktu 2,5 jam untuk mengisinya hingga 100 persen.

Tersedia dua mode pengoperasian: “EV” dan “hybrid”. Dalam mode EV, SUV, dan Sportback berjalan secara eksklusif dengan tenaga listrik. Saat berkendara dalam mode hibrida, sistem manajemen hibrida mempertahankan tingkat pengisian daya tertentu sesuai kebutuhan guna menghemat energi listrik yang cukup untuk penggunaan selanjutnya. Selain mode hibrida otomatis, tingkat pengisian daya yang diinginkan kini dapat dipilih secara individual untuk pertama kalinya menggunakan penggeser digital.

Audi juga telah meningkatkan kinerja pengereman regeneratif secara signifikan. Tingkat pemulihan daya dorong dalam mode EV dapat disesuaikan ke tiga tingkat berbeda menggunakan pedal pada roda kemudi. Kendaraan memulihkan energi secara otomatis saat fungsi ini diaktifkan. Hal ini berdasarkan data rute yang disimpan dalam sistem navigasi. Audi Q5 SUV e-hybrid quattro12 dan Audi Q5 Sportback e-hybrid quattro34 juga dapat memulihkan energi secara otomatis tanpa panduan rute aktif. Sistem manajemen hibrida model baru dirancang untuk efisiensi, fleksibilitas, dan kenyamanan pelanggan yang maksimal serta secara otomatis memilih strategi pengoperasian yang optimal.

Kedua model e-hybrid menonjol di atas segalanya dengan peralatan standar yang ditingkatkan. Dengan opsi daya 220 kW, termasuk suspensi sport S dan AC otomatis 3 zona yang nyaman. Mereka yang memilih versi daya 270 kW akan menerima lampu depan LED plus dan lampu belakang LED pro sebagai standar. Sistem infotainment MMI experience plus, yang juga hadir sebagai standar, dilengkapi dengan Audi Application Store, antarmuka ponsel pintar, dan sistem suara Audi. Paket interior S line dengan jok sport dalam kombinasi kulit/kulit buatan berwarna hitam serta velg aero alloy ringan sepuluh lengan 19 inci dan kaliper rem bercat merah disertakan sebagai standar. Salah satu fitur yang sangat praktis adalah bangku kursi belakang plus yang dapat disetel sepenuhnya. Bangku ini dapat dipindahkan memanjang, dan sudutnya juga dapat disetel.

Audi Q5 SUV e-hybrid quattro1 dengan output sistem 220 kW tersedia di Jerman mulai dari 63.400 euro. Harga Audi Q5 Sportback e-hybrid quattro3 mulai dari 65.900 euro. Versi SUV2 dengan daya sistem 270 kW mulai dari harga 71.800 euro. Harga untuk Q5 Sportback e-hybrid quattro4 dengan opsi daya yang lebih tinggi mulai dari 74.300 euro. Diproduksi di San José Chiapa di Meksiko, model PHEV baru akan tersedia untuk dipesan di Eropa mulai pertengahan Juni 2025. Peluncuran awal direncanakan pada kuartal ketiga.