Page 4 - DEEP END EDISI 06
P. 4

BC Forged HB27
                                                                                                                                   THE SECRET OF CENTER LOCK


                                                                                                                                       BC Forged HB27 berdimensi 20x9 inci di depan      Tapi DeepEnder pasti tahu persis apa yang menjadi
                                                                                                                                   dan 20x11,5 inci di belakang. Offsetnya depan 50 dan   pemikat? Tentunya di bagian tengah velg. Tidak ada 5
                                                                                                                                   belakang 45 mm. Velg ini 2-piece dengan bagian tengah   lubang baut lagi. Why centerlock? "Supaya lebih keliha-
                                                                                                                                   dan barrel ditempa dari T-6061. Sertifikasi malah dapat   tan agresif, kayak GT3. GT4 aja nggak centerlock, nah ini
                                                                                                                                   dobel dari JWL dan VIA. Semuanya custom made    beda," ucap Edwin. DeepEnder bisa memesan konversi
                                                                                                                                   setelah  diorder.  Profilnya  sedikit  concave,  walaupun   roda ke sistem center lock. Sistem ini termasuk 4 buah
                                                                                                                                   sebenarnya tergantung dari ukuran diameter x lebar   adaptor, lock ring juga 4 buah, special torque adapter
                                                                                                                                   velg yang diinginkan.                           tunggal dan baut/murnya sebanyak 20 buah. Ini
                                                                                                                                                                                   hardware, tapi yang kerap luput adalah pemakaian kit
                                                                                                                                                                                   konversi center lock ini akan mendorong roda keluar
                                                                                                                                                                                   hingga 7 mm.  Otomatis,  offsetnya akan terpengaruh.
                                                                                                                                                                                   Satu lagi..., pake kunci torsi 6000 NM.

































                Sudah cukup?                                       terputus sambungannya dan simetris. Kalau kata
                   Mana ada DeepEnder yang berhenti di kondisi     Charles R. Swindoll, "Perbedaan antara sesuatu
                standar. Hajar terus sampai istri muji. Yang ini, milik   yang baik dan sesuatu yang hebat adalah perhatian
                Edwin Adjisatriyo, malah makin berbeda. Sebagai    terhadap detail."
                yang mengerti benar tentang aerodesign, ia
                memilih TechArt sebagai basis aero kitnya. Tuner       Terkait karbonnya, digunakan material karbon
                ini  mengeluarkan  spoiler  depan  dengan  splitter   3x3 dengan black twirl. Karbonnya selapis saja,
                yang terintegrasi. Kesannya lebih agresif, tetapi   "Tapi bagian bawahnya pake woven roving mat,"
                juga memberikan downforce ekstra dan pendingi-     ungkap Edwin, si ahli cat yang jago karbon dan
                nan  pada  mesin.  Dan  untuk  bagian  belakang,   ngerti aerokit ini. Woven roving mat  kompatibel
                spoiler, diffuser dan pipa ujung tengah untuk sistem   dengan banyak resin, seperti poliester, vinil ester
                pembuangannya.                                     dan resin epoksi. Karena berbentuk anyaman,
                   Oleh Edwin, pemilik Autospot, ditambahkanlah    sehingga makin memperteguh manfaatnya. Penguat
                custom lips spoiler, redesign diffuser dan         (reinforced) berkinerja tinggi dan banyak digunakan
                splitternya. Di buritan, malah wing TechArt sudah   dalam proses pembuatan karbon fiber.
                terlapis  karbon  fiber  dengan  tambahan  spoiler  di
                tepi atasnya. Karena Edwin ahlinya karbon, maka        Sudhakah DeepEnder mengelus dada melihat
                yang terlihat adalah tentang karbon yang rapi, tak   mobil ganteng ini?




                         |    ED.06/DESEMBER 2018                                                                                                                                                     ED.06/DESEMBER 2018 |
   1   2   3   4   5   6   7   8