Apakah Dora Emon pernah makan Whiskas? Pertanyaan lugu-rancu ala milenial ini menghinggapi imaji DeepEnd berulang-ulang. Lucu dan crispy jadi satu. Bahkan sakses bikin kebawa mikir, padahal lagi berkutat pada mobil Audi R8 ini. Mobil yang berdasarkan mobil konsep Audi Le Mans quattro (dan dirancang oleh Frank Lamberty dan Julian Hoenig) ini sudah dua bulan wara-wiri di dalam memori, sejak saat awal pemotretan.

Pemenang Le Mans, Jacky Ickx, mendeskripsikan R8 sebagai ‘the best handling road car today’. Pada dasarnya, mesinnya sama dengan yang digunakan oleh Audi B7 RS4, tetapi dimodifikasi agar bisa menggunakan sistem pelumasan dry sump. Memakai 2 camshafts overhead ganda yang digerakkan rantai (DOHC) per bank silinder, dan menggunakan waktu katup variabel untuk camshaft masuk dan buang. Sistem penggerak 4 rodanya, mengirim 30% kekuatannya ke roda depan dan 70% ke belakang.

Maka, apa yag cukup pantas untuk diaplikasi pada keempat rodanya? Pada velg, merupakan ilmu bagi rakyat modifikasi kita. HRE dengan series RS1 ini dibuat memakai material forged wheel aerospace-grade 6061-T6 yang ditempa aluminium untuk high strength-to-weight ratio. Konstruksinya 3-piece modular, dan dijual mulai dari $1,900 USD setiap bijinya.

Velg ini bertutur tentang detail, detail dan detail. Iya, detail yang menciptakan roda performa tinggi yang ringan dan berkekuatan tinggi. Karena semua itu erat kaitannya dengan sistem pengereman yang presisi, akselerasi yang mumpuni dan tentunya gaya sempurna yang diperoleh pengguna maupun penikmat visualnya. Dan dibungkus Pirelli PZero yang bisa mengakomodir semua tenaga dan kemampuan dari mesin V8 R8.

“Kesannya masih racing, tapi ada unsur elegannya,” ucap Tandy, pemilik showroom Metro Auto di BOS Jakarta Utara. Velg berukuran 20x(9+12) inci ini memiliki kelir brushed copper + satin charcoal lips. Pilihan ini didapat dari 80 opsi warna yang ditawarkan HRE pada seri velg ini. Karakter super car memang memborbardir DeepeEnd saat menyetir mobil ini. Lumayan friendly karena tak takut overheat selagi macet seperti exotic car yang lain. Walaupun masih ada kekurangan yang dirasa Tandy yaitu, “Nose lift up seperti Lamborghini.”

Setelah baca ini, apakah benar Dora Emon makan Whiskas? 

 


Workshop:

Concept Motorsport @conceptmotorsport


Data Mods:

All carbonized PPI Automotive Design, wing PPI Automotive Design, velg HRE RS 102 20x(9+12) inci, ban Pirelli PZero Nero 245/30ZR20 & 325/25ZR20, suspensi KW hydraulic lift system