Akhir-akhir ini, banyak sekali pilihan mobil-mobil listrik yang tersedia di Indonesia. Mulai dari mobil listrik berbentuk SUV sampai mobil listrik hatchback, semuanya tidak kalah ‘cakep’ sebenarnya loh dengan mobil-mobil berbahan bakar bensin. Apalagi kalau di modifikasi di bagian kaki-kaki, yang notabene bisa langsung mengubah penampilan keseluruhan mobil. 

Berikut ada beberapa rekomendasi velg yang cocok untuk mobil listrik:

1. Work Meister S1 2piece

Velg Work Meister S1 ini sering menjadi pilihan para pegiat modifikasi mobil, khususnya untuk mobil dengan setup modifikasi fitment menggunakan air suspension. Tesla Model 3 ini adalah salah satunya, menggunakan setup air suspension merk Universal Air. Bibir velg yang cukup lebar dan mepet dengan fender saat ditaruh di mode paling rendah membuat mobil ini semakin berisi dan tentunya beda dari Tesla lainnya!

 

2. HRE S111SC

Pabrikan HRE memang selalu berhasil membuat setiap mobil lebih berkelas berkat velg-velgnya. Contohnya Tesla Model 3 berwarna hitam ini, menggunakan velg HRE S111SC dilabur warna gold dengan polished lips. Simpel, namun cukup meningkatkan tampilan mobil jadi jauh lebih ganteng dibandingkan velg bawaannya yang berdesain terlalu sederhana.

 

3. Forgiato EV 001

Pabrikan Forgiato dari AS mengeluarkan lini produk untuk mobil listrik, dinamai Forgiato EV. Ditargetkan untuk konsumen pengguna mobil listrik, velg EV 001 ini dapat dipastikan cocok diaplikasikan di sebagian besar mobil listrik. Contohnya seperti velg EV 001 berwarna gloss black dengan trim plastik berwarna satin black, di Ford Mustang Mach E ini. Desain velg masih ‘menyambung’ dengan keseluruhan mobil, ditambah lagi trim plastik bisa dilepas sesuai kebutuhan.

 

4. Fast Wheels EV01+

Kalau DeepEnder mencari velg yang didesain khusus untuk meningkatkan efisiensi mobil listrik, velg EV01+ jawabannya. Dibuat secara flow forming, velg ini cukup ringan dan juga aerodinamis berkat trim plastik yang dipasang di velgnya. Fast Wheels mengklaim kalau velg ini dapat meningkatkan jarak tempuh mobil sebanyak 4,4% berkat desain serta konstruksi velg flow form yang membuatnya cukup ringan. Velg ini juga tersedia untuk berbagai mobil listrik mulai dari Tesla, Chevrolet Bolt dan lainnya. 

 

5.Volk Rays TE37 SL

Ya, DeepEnder tak salah baca. Velg yang ‘jarang salah’ ini memang cocok diaplikasikan ke berbagai mobil, contohnya Nissan Leaf ini. Memang, velg ini tidak didesain untuk mobil listrik, namun dikarenakan beban velgnya yang cukup ringan velg ini masih cocok dan tidak terlalu mempengaruhi jarak tempuh mobil listrik saat terpasang. Ditambah lagi tingkat kegantengan mobil jadi jauh meningkat dibanding pakai velg standarnya.

 

6. Rotiform LAS-R

Tidak bisa dipungkiri kalau Ioniq 5 yang sudah ganteng dari pabrik, akan lebih ganteng lagi apabila diganti velgnya. Desain futuristik Ioniq 5 cocok ketika disematkan velg Rotiform LAS-R ini. Sederhananya, velg ini tidak ‘out of place’ walaupun memang ini adalah velg aftermarket yang biasa dipasang di mobil-mobil non listrik juga. Cocok pokoknya!

 

7. Race Forged AF06

Race Forged merupakan pabrikan velg ternama dari Thailand yang juga sudah cukup dikenal di negara asalnya. Banyak velg-velg dari pabrikan ini dipasang di mobil listrik karena konstruksinya yang cukup canggih, aluminium forged dengan tingkat kualitas aerospace grade. Desain velgnya elegan, namun di velg berwarna hitam ini jadi lebih sporty. Terlebih lagi ketika dipasang di BYD Seal ini, yang bikin mobilnya yang dari pabrikan sudah cukup ganteng jadi semakin menawan!

 

8. Concaver CVR5

Velg Concaver ini mempunyai desain 5 twin spoke yang juga jarang tidak cocok apabila diaplikasikan ke semua mobil, salah satu contohnya adalah BMW i4 ini. Mobil berwarna putih ini dipadukan dengan velg berwarna gold dan dengan spesifikasi velg lebar belang depan belakang, mampu meminimalisir kekosongan lingkar roda. Secara keseluruhan, mobil akan jadi lebih cakep dengan velg ini!

 

9. Titan 7 T-S5

Velg Titan 7 T-S5 yang terpasang di KIA EV6 ini membuat mobil ini jadi terlihat jauh lebih sangar. KIA EV6 ini memang mempunyai bentuk bod yang cukup bersegi, berbeda dengan mobil lainnya atau bahkan berbeda dengan kebanyakan mobil listrik juga. Oleh karena itu pemilihan velg untuk KIA EV6 mempunyai tantangannya sendiri. Tetapi velg Titan 7 T-S5 berwarna hitam ini terlihat sangat cocok dan tidak ‘out of place’.


Sumber:

https://memoryfab.com/posts/6264af8d501fc30d13a88a83

https://deepend.id/2021/02/11/sporty-elegant-styling-refines-the-model-3-as-well/#

https://evsportline.com/products/forgiato-e-vecolo-ev-001-20-ford-mustang-mach-e-wheel-set-of-4

https://forgiato.com/wheels/EV/EV_001/

https://fastco.ca/Fast-Wheels/Alloy-Wheels/stylefinish?wheelCategory=17&stylefinish=EV01%7

CTI 

https://evannex.com/products/ev01-wheels-for-tesla-model-3 

https://www.topgear.com.ph/news/car-news/nissan-ev-test-car-leaf-a962-20191026

https://www.permaisuri.com/portfolio/detail/5086/rotiform-las-r-with-hyundai-ioniq-5

https://www.facebook.com/100057675660383/posts/804505274815321/?paipv=0&eav=AfaDKHNXl_-qye3QC10xWuUf4ivnmmGV3dLS8wKHP8gApnsKprzOZm0u7gJeqMca86c&_rdr

https://concaverwheels.com/gallery/1097

https://electrifynews.com/news/electrify-expo/electrify-showoff/driving-uniqueness-jeff-blake-journey-with-the-kia-ev6/