DeepEnd bisa datang kapan saja untuk kangen-kangenan sama Hulk. Tinggal telpon Teguh Hartoyo, Hulk aka dikeluarkan dari kamarnya. Kadang Teguh datang, kadang mengutus Dimas Jawa dan Bogel untuk menemani DeepEnd. Judulnya, kami manasin mesin. Round-round sekitar Gading Serpong, bikin warga sana patah leher.

“DeepEnder jangan pernah berpikir, 6 rodanya membuat lemot. Buang prasangka itu jauh-jauh.”

Dan dari dulu sampai sekarang, nomor satu yang dikangenin adalah performa mesinnya. Segala macam sumpah serapah pasti muncul dari penumpang, karena driver yang tiba-tiba menekan dalam-dalam pedal gasnya. DeepEnder jangan pernah berpikir, 6 rodanya membuat lemot. Buang prasangka itu jauh-jauh.

Semuanya akibat HEMI 6.4 liter. Angka 392-kubik-inci (6,4 L) yang lebih besar dan lebih kuat dengan output 525 hp (391 kW; 532 PS) dan torsi 510 lb.ft (691 N.m). Mesin dengan nama sandi Apache ini dilengkapi piston aluminium yang ditempa kekuatan tinggi. Ini bicara basis ya, sama tunernya sudah tak mungkin tidak diupgrade.

Lantas supercharger nemplok juga, 2.380L IHI. Tentu sudah dipeta ulang oleh tunernya, Hunt4Speed, untuk memastikan poros keenam roda menyalurkan tenaga HEMI benar-benar top performance. Sistemnya matik, bukan manual. Satu garis saja di konsol transmisinya. Tapi jangan anggap enteng. Standar aslinya itu goceng. Iya itu dari HEMI aslinya. Yang nanti DeepEnder akan rasakan, mudah-mudahan terwujud mimpi jadi penumpangnya, adalah sengatan 100-an tenaga kuda tambahan.

Kemudi kemudian menjadi lebih berat, tetapi Wrangler tetap solid dan jejek. Torsinya memang animal, berkat supercharger tadi. Kalau medsos jadi platform buat lepas stres, nah kalau jip mania sejati, stress releasenya pakai ini.

Awalnya memang diduga berat badannya. Panjang seperti kereta keraton, yang jalannya benar-benar teratur dengan aturan ketat. Tapi yang ini tidak. Kaki kananmu mesti ekstra bijak menekan pedal gas. Sedikit saja sentuhan, abang Hemi bergolak.

Mesin sudah besar, badan makin panjang. Tapi girboks masih aslinya. Untungnya sudah disentuh transmission kit Viking Customs. Kalau tidak, as roda yang sudah ditingkatkan kekuatannya akan melepaskan ‘roller coaster’ sebelum girboks lepas. Gardan pun dijejalkan Dana 44 yang mengapit pass-through Ford 9 inci. Bermanfaat buat ejakulasi mesin, dan penghubung sasis yang meregang sebanyak 36 inci.

Efeknya, bodi ikutan menyesuaikan. Dua bak belakang disambung bersama untuk membuat pikap, yang menerima penutup custom tonneau. Kemudian dibuat hardtop dan menggabungkan empat lengkungan roda belakang berbentuk tabung menjadi satu set pengawal kembar. Kemudian, sebagai pelengkap, agar keenam rodanya bisa maksimal bekerja, wajib ditemani suspensi King dengan remote reservoir untuk menahan guncangan di enam rodanya.

“Dibangun dalam 6 bulan, dan kudu menyetor USD $375.000 untuk membeli binatang ini.”

By the way, Hulk ini bukan yang pertama diciptakan oleh Matt Hunt, pemilik MHMC, dekat Huntington Beach, California. Karena yang pertama dibuat untuk perusahaan bernama Wild Boar Off Road yang berlokasi di kota yang sama. Dan Hulk ini yang kedua, namun pertama untuk di luar USA. Dibangun dalam 6 bulan, dan kudu menyetor USD $375.000 untuk membeli binatang ini. Nah hitung sendiri deh, totalnya berapa buat sampai di Gading Serpong.

Toyo Open Country M/T

KASUAL DI ASPAL, GAGAH DI LUMPUR

Tapi warganet boleh jadi duluan kepincut melihat total rodanya. Fomasinya 6+1. Velg Fuel dibalut karet hitam Toyo Open Country M/T 35×12.50R17. Kode lebih jelasnya untuk ban ini adalah 125Q. Beda kode, beda spek pemakaian, beda harga. Satu bannya di Amazon $324.97 USD.

Berat bannya 35 kg. Desain tapaknya agresif, gegara blok berbentuk kait dan bergerigi. Tapaknya bahkan sampai ke bahu ban, serta high turn-up dengan 3-ply polyester casing. Toyo Open Country M/T dirancang untuk yang membutuhkan ground clearance ekstra, kapasitas pengangkutan beban dan kemampuan off-road dengan kinerja on-road yang luar biasa. Percayalah sama ban ini. Kasual di aspal, gagah di lumpur.

Makin canggih berkat sistem tekanan ban 2WayAir. Berfaedah mengatur tekanan ban individu secara bersamaan berkat kompresor dan tangki udara. Titik udara diselipkan ke setiap sudut kendaraan, yang memungkinkan pengemudi menjalankan jalur dari setiap titik kait ke katup ban. Satu kemudian hanya dapat mengempiskan atau mengudara semua ban ke tekanan yang sama pada saat yang sama.

 


Workshop:

JHL Custom Garage @jhlcustomgarage