Makassar. Kota yang semakin indah. Dinamikanya luar biasa. Menjadi poros modifikasi Indonesia sebelah timur, selain Surabaya. DeepEnd memperhatikan kota ini sejak 2002. Dimulai dari elegan yang masih ekstrem, hingga racing ricer yang memakai dobel sub 12 inci. Namun dengan cepat, saat ini modifikasi kawan-kawan di Makassar berubah menjadi lebih keren dan fungsional.

Mobil ini bernaung di Bimmers of Makassar.

Tapi pergerakannya aktif. Cek deh komponen modifnya. Datang dari mana-mana. Semua kebanyakan plug and play. Tak ada yang perlu diresahkan. So far semua berfungsi dengan baik dan memang khusus untuk F30.

Pemiliknya, Handy Liem, kelahiran 1985, mengubah tunggangannya dengan patokan konsep daily stance, tapi bisa dipakai ngebut. BMW gitu loh. Girang diajak kencang. 320i adalah turbo 2.0 liter bensin empat silinder dengan timing katup variabel. Outputnya bisa mencapai 135 kW/270 Nm. Sigap menggerakkan roda belakang melalui otomatis 8-percepatan dengan launch control.

Walau mobilnya sudah responsif, Handy tetap gatal tangannya. Upgrade yang paling berpengaruh adalah reflash ECU. Sekarang udah memakai Pro Tuning Freaks Bootmod3 stage 2.

“Putaran bawah-atas semua terisi dan panjang nafasnya.”

Implikasinya ‘perlu’ upgrade hardware seperti knalpot full sistem beserta down pipe, cold air intake dan intercooler. Bisa dibilang, karakter F30 menjadi semakin dari sporty. “Putaran bawah-atas semua terisi dan panjang nafasnya,” cetus Handy, yang kerap nongkrong di basecamp Bimmers of Makassar (B.O.M), Kopi Teori jalan Rotterdam, bersama 30-an member lainnya.

Tapi akhirnya, Handy main sedikit kalkulasi. Tak asal kebut. Sekarang sudah terpasang suspensi udara. Ia mesti memastikan adrenalin tidak bertabrakan dengan setingan air sus.

“Depan memakai coil untuk BMW E90 biar pendeknya dapet.”

Setingannya kini sudah ganteng luar dalam. Buat parkir 0 Psi, dengan posisi depan adalah fender to lips. Sedangkan belakangnya totally slammed. Hasil ini didapat dari gabungan custom air sus bagian atas (2 titik) dengan kakinya bolt on memakai coil and bags L&T. Di bagasi terdapat 1 kompressor dan 1 tanki. Kelengkapan terakhir yaitu digital pressure gauge dan solenoid block 2 titik.

Sedikit bocoran adalah, “Itu depannya saya pakein coil untuk BMW E90 biar pendeknya dapet,” ujar Ivan, bos YM Auto Wheel, yang memasang air bag dan manajemennya. Lup celup!

 Bootmod3

PLATFORM TUNING SERI F

Bootmod3 adalah platform tuning khusus pertama untuk kendaraan seri F BMW. Penyetelan khusus penuh untuk komputer mesin pabrik (ECU/DME) yang menyediakan pengguna akhir dengan aplikasi mobile untuk perangkat yang mendukung Android, iOS dan Browser Web. Pengguna dapat mengubah setelan mereka melalui port OBD sesuka hati menggunakan web atau aplikasi seluler yang membutuhkan waktu sekitar 30 detik untuk melakukannya.

Bisakah DeepEnder menyetel mobil saya sendiri dengan bootmod3? Yes sure! DeepEnder dapat masuk ke Stock Tune dan melakukan ‘Save As’ peta lain sehingga stock tune tetap berlaku dan dapat mulai menyetelnya sendiri atau dengan tuner terpercaya.


Workshop
Body kit & carbon fiber: Space Air Aeroworks @spaceairaeroworks
Air suspension: YM Autowheel @ymautowheels

Data Mods:
Air intake GruppeM, forge blow off, intercooler Wagner Tuning, down pipe Armytrix, full system valvetronic Armytrix, ECU reflash Pro Tuning Bootmod3 stage 2 McChip DKR, boost meter Vaitrix, carbon fiber cover engine, full body kit M3, front splitter M3, custom side splitter custom, custom diffuser, duck tail M3, custom roof spoiler, custom air suspension, bags on coilover LT, custom remote selenoid, cdouble compressor Viair, seamless tank, wheels Rotiform OZT Rose Gold 20x(9+10) inches, tyres Accelera Phi 225/35ZR20 & 245/30ZR20