Lewat Estoril Blue, sudah lebih dari cukup untuk terlihat menonjol. Color code B45. Warna adalah tentang pilihan pribadi. Namun jika kita bandingkan dengan Mineral Grey, Black Sapphire, Alpine White, Glacier Silver, Dark Blue dan Carbon Black, memang EB lah yang paling menakjubkan, diantara warna yang berbasis klasik. Walaupun ada Mineral Gray yang klasik juga namun canggih.

EB yang punya pertarungan abadi dengan Nogaro Blue pada Audi, menjadi dominan berkat E36 M3 yang mungkin menjadi eksponen terbaik dari seni Estoril Blue. Terinspirasi oleh Autodromo do Estoril, lintasan balap motor di Portugal, yang menjadi tuan rumah Grand Prix Formula Satu (F1) dari tahun 1984 hingga 1996. Aryton Senna memenangkan balapan pertamanya di Estoril, sementara BMW meluncurkan mobil Seri 4 milik Felix Lintang di sini.

Felix tentu paham keistimewaan cat ini. Di bawah sinar matahari, bintik logam benar-benar berkilau dan terlihat lebih baik daripada di foto mana pun.

Pemilik 435i Surabaya ini memutuskan untuk lebih lanjut menyesuaikan besutannya sehingga memberikan tampilan yang lebih agresif dan menarik. Suku cadang aftermarket yang ditambahkan, walaupun terkesan minimalis secara kuantitas, tanpa merusak desain aslinya, namun platform tersebut sudah lebih dari cukup untuk: KENCANG!

Tengok dulu basisnya, mesin berturbocharger dan intercooler DOHC 24-valve inline-6, dengan material aluminum dan sistem injeksi langsung. Kapasitas 2.979 cc, power 300 hp dan torsi 300 lb-ft. “Milih mobil ini karena punya mesin yang cukup powerfull meskipun standar sudah sekitar 300 hp dan harga yang enggak sebegitu mahal,” ungkap kelahiran 19 Oktober 1997 ini.

Sekarang? “Mobil sudah masuk di angka 500 hp+,” ucap pengusaha karoseri ini. Sehingga jika bicara stock performance, zero to 100 km/h, pasti sudah lewat dari 4.8 detik. Top speed 250 km, tentu bisa dilewati, jika limiternya dicabut.

Harap diketahui, ternyata mesin BMW TwinPower Turbo 3.0 liter merupakan kesayangan dunia tuning. Cukup mudah untuk dimodifikasi, memungkinkannya menghasilkan lebih banyak tenaga kuda, itu adalah fondasi yang sempurna untuk konstruksi bari dari aftermarket.

Konsepnya tersirat jelas bahwa ini street performance. Selain mesin, dukungan utama ada pada velg, suspensi dan knalpot.

Velg mengaplikasi BBS LM-R 20x(8.5+9.5) inci. Velg yang super enteng. Sporty looks. Tangguh. Sudah barang tentu kuat. Diamond black disk and silver diamond-cut rim (DB-SLD) dengan bahan forged aluminium 2-piece wheel. Bagi Felix, pecinta high speed, BBS LM-R is the best. Memanfaatkan teknologi yang dikembangkan untuk mobil balap Porsche Carrera Cup milik BBS.

Suspensi memakai KW Coilover V3 yang tidak memiliki electronic dampening control (canceller). Manfaatnya, suspensi bisa disetel manual, entah itu rebound, bump dan suspension lowering. “Istimewanya suspensi ini enggak sekeras suspensi-suspensi yang ada di pasaran,” kata pemilik postur 173 cm/80 kg ini. Dan pastinya grip serta handling lebih dari suspensi yang lain.

Sistem pembuangan Akrapvoic Evolution untuk BMW 435i terbuat dari stainless steel austenitic. Baja austenitik ini merupakan baja tahan karat non-magnetik yang mengandung kromium dan nikel tingkat tinggi dan karbon rendah. Dikenal karena sifat formabilitas dan ketahanannya terhadap korosi, membuat baja austenitik menjadi baja tahan karat yang paling banyak digunakan.

Sistem ini menampilkan tata letak baru yang dikembangkan dengan dua pipa penghubung tengah menggantikan pipa stok tunggal, desain muffler baru dan tail pipes dari serat karbon. Bahan dan teknologi terbaik, diintegrasikan dengan amat baik. Bahkan sanggupp mereduksi berat sebanyak 0.8 kg. Sistem Evolusi sendiri menggantikan knalpot standar dari catalytic converters back.


Workshop:
Mechanix Auto Works @mechanixautoworks

Data Mods:
Carbon lips, carbon side skirt, carbon ducktail, carbon diffuser, double slatted grill, BBS wheels LM-R 20x(8.5+9.5) inches, Toyo tyres T1S 245/35ZR20 & 275/30ZR20, KW Suspensions coilover V3, M Performance brakes, Pure turbo stage 2, BM3 Tune Stage 2 hybrid turbo, GFB DV+ performance diverter range, Evolution Racewerks intercooler, Evolution Racewerks charge pipe, Evolution Racewerks turbo to intercooler charge pipe, Evolution Racewerks thermal coated down pipe, KNN replacement filter, Akrapovic exhaust Evolution Line SS, M Performance race display steering wheel, water methanol injection by coolingmist.uk