DeepEnder mesti mengetahui salah satu surga di daerah Jakarta Pusat adalah di lantai atas Mega Kemayoran (MGK). Sebelumnya disebut-sebut sebagai ‘area sepi’, karena jarang yang pergi ke sana membeli onderdil. Padahal sebenarnya, menyimpan banyak keasyikan tersendiri. Mobil bekas bejibun yang bagus-bagus, spare parts lengkap tersedia, nyari velg-ban pun ada yang menjual. Tapi sebenarnya di lantai 8 jadi tempat yang agak khusus. More special. Memang tak disangka-sangka, lantai 8 menjadi zona premium. Tenant enggak sepadat di lantai di bawahnya. Isinya semacam special case car. Isinya cuma 5; Banteng Mas Offroad, Music Art Audio, Carmen Auto Tech, Detail Garage dan yang baru saja dibuka yaitu Detail 8.

Detail 8 namanya keren. Simpel dan mungkin akan hoki. Dari namanya mudah ketahuan kalau layanannya tak jauh dari seputar salon mobil. Yang punya, nah ini bagian paling asyik, adalah pejuang modifikasi mobil sejak era milenium. Namanya Tony Tjitradjaja. Dari awal zaman kontes modifikasi, ia hadir. Kadang hanya nonton, kadang juga tim hore, tapi kadang ia turunkan mobilnya buat ikutan car contest. Mobilnya serem-serem, tapi satu aja bocorannya: Nissan Skyline R34.

Yang kedua, kisah keluarganya yang memiliki bisnis bahan cat mobil. Tony ini akhirnya tumbuh dan besar puluhan tahun dengan pengetahuan cat yang luar biasa. Sampai sekarang, Nissan R35 2008-nya bahkan sudah ganti cat lagi.

Jadi, sebuah korelasi yang tepat antara latar belakang pemain cat dengan bisnis barunya ini yaitu merawat dan memelihara cat mobil. Hulu dan hilir. Tidak ada yang bertanya, “Who moved my cheese?” Paham material kandungannya, mengerti solusinya. Maka Detail 8 bukanlah bisnis yang penuh kekhawatiran akan product knowledge bagi seorang Tony. Apalagi ia Virgo. Gimana enggak perfeksionis, tuh. Pleasure in the job puts perfection in the work.

Auto detailing ini memiliki jenis layanan yang fokus pada full service coating. Dibagi menjadi ukuran S/M, L dan XL (including sports car). Tony mematok harga layanannya dari 3.788 juta, 4.288 dan 4.788 juta rupiah. Silakan bayangkan mobilmu, bodi kecil atau besar. Selagi soft opening macam hari ini, diskonnya juga unik angkanya yaitu 18%. Eh kok makin unik setelah didiskon, ternyata semua harganya jadi di bawah 4 juta rupiah. Sebuah harga yang cukup kompetitif, jika melihat target marketnya. Dan promo ini, “Sampai waktu yang ditentukan,” ucap kelahiran 17 September 1974 ini.

Materialnya memakai bahan Beeds, dengan full coating. Paint correction menggunakan 3M. Selain ada coating, ada aplikasi wax sebagai pelengkap, yaitu dengan carnuba dan sealant wax. Rinciannya di hari pertama adalah fokus pada eksterior (cuci luar, kolong, velg, hilangkan jamur dan aspal, mesin dan kaca) yang kemudian sudah start poles.

Di hari kedua, masuk ke full detail interior, termasuk membersihkan panel-panel pintu, selah-selah celah, kisi-kisi, A/C dan kerak-kerak yang terdeteksi. Sedangkan hari ke-3 dilanjutkan dengan poles dan coating. Sedangkan hari terakhir merupakan fine tuning dalam hal detailing dan QC. Untuk itu semua, saat full capacity, Tony mengerahkan 2 orang per mobil.

Sementara layanan lainnya adalah quick services, yang saat ini masih merupakan optional, bukan home service. Biayanya di bawah 1 juta rupiah. Tak semaksimal yang full detailing, dalam arti jamur kaca asal hilang, interior vacuum, bodi diclay, paint correction sedikit, hilang swirl maks dan naik wax. Masuk pagi, pulang sore. Selain itu, di luar full paket, bisa juga untuk layanan sektoral. Pengin mesin saja, atau interior, Detail 8 akan menghandle problem pada sektor tersebut.

 


DETAIL 8

Mega Kemayoran (MGK)

Lantai 8 Zona B

Jl. Angkasa Kavling B6, Kemayoran

Jakarta Pusat

Tlp. 081398883838

IG: @detail.8