DeepEnd memandang DFSK 580 ini unik. Swear, banyak uniknya. Pertama, Glory 580 ini SUV yang super banyak fitur namun harganya menengah. 250 juta perak seperti SUV 500 juta. Kedua, dari sudut manapun cenderung mudah dinikmati. Ketiga, ya warrantynya, 7 tahun lamanya.

Mari kita bahas satu-satu mobil keluaran PT Sokonindo Automobile ini. Poin pertama agak panjang bahasannya. Kita bicara faedah saja. Fitur safetynya bejibun. Pada komponen spion, sudah berbekal fitur Electric Oustide Folding Mirror. Mati mesin, spion otomatis melipat sendiri, tanpa ada permintaan dari petugas parkir. Sudah pula EBD braking force distribution system, EBA brake assist dan 4 disc brakes yang dilengkapi EPB electronic hand brake. Soal keselamatan sektor deselerasi dilengkapi dengan 4 airbags plus tachograph dan sokongan suspensi McPherson independent.

Di mobil ini juga tersedia Electric Stability Program (ESP), sebuah teknologi terkomputerisasi yang meningkatkan stabilitas kendaraan dengan mendeteksi dan mengurangi hilangnya traksi (tergelincir). Apalagi? Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC), Hydrolic Brake Assistance (HBA) dan Anti-lock Brake System (ABS). Kata Managing Director Sales Centre┬áPT Sokonindo Automobile, Franz Wang, “Dari angle safety, Glory 580 sudah dapat akreditasi 5 star safety security.”

Oh iya, pakai sunroof juga Glory 580. Mobil pun tercatat emisi Euro 6. Punya inovasi dengan total 30 ruang penyimpanan di mobil. Juga sudah terpasang indikator Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Tapi semua fitur itu, menurut DeepEnd masih “kalah” sama dua hal. Pemenang pertama, teknologi sasisnya. Glory 580 ini jadi senyap gegara ratusan NVH (Noise, Vibration, Harshness). “Rancangan sasisnya bisa mengendalikan 200 titik getaran dan sumber penghasil suara,” ucap Head of Product Plan DFSK, Ricky Humisar. Hasilnya, NVH bisa reduksi hingga 38 dB. Pelengkapnya didukung oleh aplikasi karpet redam di semua spakbor dan bilah-bilah pemecah angin pada spion.

Pemenang kedua adalah Driving Vehicle Recorder (DVR), sebuah komponen yang berada di atas-tengah kaca depan, di balik spion kabin. Berfungsi seperti black box di pesawat terbang, yang mampu merekam seluruh jejak perjalanan. Di kelasnya, ini baru pertama kali digunakan.

Keunikan kedua soal bodi. Dari depan, samping dan belakang, bodinya enak banget dilihat. Tingginya pas. Ground clearance 200 mm. Jarak roda depan-belakang 2.780 mm dan panjangnya 4.680 mm. Insinyurnya cukup menjaga kepatutan visual nampaknya. Tarikan garis bodinya mirip lengkung busur panah, berakhir di buritan. Kemudian bertemu dual C-shaped pada lampu belakangnya. Shape pinggang yang kokoh menjadi penyatu semua sub desain tadi. Punch linenya ada pada head lamp eagle eye shaped. Memiliki kombinasi lampu depan dengan lensa electric adjustment bahkan mempunyai sistem delay off with DRL.

DeepEnd pernah hitung. ruang spakbornya cukup lega. Mudah diisi velg 20 inci, dengan lebar 8-9 inci. Velg aslinya berdiameter 17 inci, dan DFSK menyebutnya lighter weight rim dengan better ventilation dan higher stability. Ban standarnya berukuran 225/60R17 berkode 99H. DeepEnd membuatkan #DeepEndModz seperti terlihat pada foto di bawah ini. Sungguh ganteng bukan?! Potensial sekali untuk dimodifikasi.

DFSK Glory 580 ini diproduksi oleh 90% tenaga kerja Indonesia. Sehingga tenaga kerja kita lah sebenarnya yang meyakinkan pembeli lewat kualitas kerja mereka. Tapi kemudian semua komitmen kerja keras itu didukung oleh “garansi 7 tahun atau 150 ribu kilometer”. Semua komponen utama di mobil, bahkan aksesorinya, dijamin diganti jika ada kerusakan. Enggak pusing lagi urusan tetek bengek servis.

Super Warranty ini bisa langsung diajukan ke dealer tempat kastemer membeli. Cakupan garansi meliputi komponen utama body (body assembly, full door assembly, dll), komponen utama mesin (cylinder head, engine block, crankshaft, camshaft, turbo charger, dll), komponen utama transmisi (transmission gear, shaft, bearing, dll), komponen utama sasis (subframe assembly, drive shaft, steering knuckle, dll), komponen utama elekltrikal (power window, instrument cluster, central lock, dll) dan tak lupa komponen aksesori bodi kendaraan (dashboard, sunvisor, interior panel, dll).

Setujukah DeepEnder, bahwa DFSK Glory 580 lebih dari cukup menawarkan automotive uniqueness?