Recaro itu seperti Michael Schumacher. Dewa. Iya, Recaro itu dewa jok. Tak ada lagi yang menyaingi, dengan segenap pencapaiannya. Memang ada Bride, Sparco dan OMP, tapi ketiga ini dikenal fokus pada motorsport seat. Sementara Recaro, bukan saja klaster racing, tapi juga menjadi jok OEM mobil.
Kisahnya bermula di tahun 1906. Berarti 113 tahun lalu. Lebih seabad. Di Stuttgart, Jerman, seorang guru pelana, Wilhelm Reutter (32 tahun), mendirikan perusahaan “Reutter, Wilhelm, Saddler. Spezialitat: Luxus-und Motorwagen, Englische Geschirre”. Diterakan sebagai “Spesialisasi: Kemewahan dan Kendaraan Bermotor, yang secara pelayanan mampu berbahasa Inggris”.
Kebetulan saat itu, industri mobil sedang naik daun, dan berlokasi di kota yang sama seperti Bosch, Maybach dan Daimler. Sampai ia bertahun-tahun selanjutnya bertemu Profesor Ferdinand Porsche yang memiliki prototipe VW Beetle. Selanjutnya, Porsche dan Reutter bekerja sama dengan erat, lewat Porsche 356. Pada perkembangannya, Reutter juga aktif untuk BMW dan Layanan Pos Jerman.
Setengah abad kemudian, 1963, Recaro terbentuk. Re dari Reutter, Caro diambil dari Carosserien. Dua tahun setelah itu, jok sport pertama kali diperkenalkan. Era itu, balap mobil menjadi sangat digemari. Salah satu alat untuk menjadi terkenal dan diakui.
Pada akhirnya, Recaro mendefinisikan ulang tentang arti duduk di mobil.
Semua desainer Recaro bekerjasama dengan peneliti dari kedokteran, ergonomi dan biomekanik. Mencari makna jok, bukan sekadar jok seperti di rumah. Ada tes tabrakan, dan batas beban pada tubuh manusia ditentukan.
Sebagai konsekuensi perusahaan yang membesar, Recaro akhirnya merambah ke banyak sektor tanpa keluar dari DNA-nya. Kursi kantor, jok bayi, furnitur, bahkan pesawat terbang merupakan sektor yang juga sukses dimasuki Recaro.
Milestone
1906
Wilhelm Reutter mendirikan perusahaan di Stuttgart pada 1 Oktober 1906.
1912
Paten jok diperoleh.
1921
Produksi kecil untuk pelanggan mobil seperti Adler, Austro-Daimler, BMW, Bugatti, Buick, Dixi, Fiat, Horch, Mauser, Maybach, Mercedes-Benz, Minerva, NSU, Opel dan Steiger.
1935
Memproduksi prototipe VW Beetle dari perusahaan Porsche. 3 tahun kemudian, produksi kecil pertama dimulai dengan 40 VW Beetles.
1944
Setelah perang, Reutter dengan 94 karyawan, memproduksi truk serta perbaikan dari semua jenis, seperti mobil untuk Perusahaan Transportasi Stuttgart.
1949
500 jok lengkap untuk mobil sport 356 baru.
1963
Porsche mengambil alih pabrik Reutter dengan 1.000 karyawan. Dari nama Reutter Carosserie (Pelatih) menjadi Recaro. Perusahaan baru dengan 250 karyawan ini menghasilkan jok Porsche dan putaran gigi jok bersandar. Dua tahun kemudian, jok sport Recaro pertama kali diperkenalkan.
1969
Keluarga Reutter menjual Recaro ke perusahaan Keiper, Hubbert & Wagner dan Metzeler.
1971
Jok pertama dengan sabuk pengaman terintegrasi.
1971
‘Jok penumpang maskapai’ pertama mereka.
1973
Memperkenalkan cangkang penuh yang terbuat dari baja lembaran sebagai struktur tempat duduk.
1977
Inovasi pemecahan masalah dalam ergonomi diperkenalkan dengan dukungan lumbar pneumatik.
1984
Jok kendaraan pertama dengan penguat di kedua sisi diperkenalkan.
1991
Memperkenalkan jok kendaraan dengan penyesuaian asimetris sebagai inovasi di seluruh dunia.
1996
Pengenalan cangkang balap pertama dengan pelindung kepala.
1998
Peluncuran pasar jok anak pertama dari Recaro.
2004
Jok seri ringan diproduksi di dunia, sebagai jok kulit karbon Porsche Carrera GT.
2005
Pengembangan lain pertama, Recaro berhasil dengan cangkang ringan hybrid baru untuk merevolusi struktur jok. Struktur ringan yang unik ini tidak hanya mengurangi bobot tetapi juga menawarkan lebih banyak ruang dan banyak pilihan desain untuk mobil.
2005
Menghadirkan pembawa bayi ‘Young Profi Plus’ dengan inovasi yang dipatenkan.
2005
Bekerja sama dengan produsen jok kantor yang berpengalaman, Recaro memungkinkan pelanggannya juga duduk dengan nyaman di kantor.
2006
Recaro merayakan ulang tahunnya yang ke-100 dengan pelanggan, jurnalis dan karyawan di tempat kelahirannya di Stuttgart.
2007
Jok yang dirancang khusus bernama ‘Cross Speed’ diluncurkan untuk kendaraan off-road.
2007
Recaro menjadi pemasok lengkap di segmen jok anak dengan produk yang baru dikembangkan untuk kelompok ECE 0+, I dan II / III dengan IsoFix atau SeatFix.
2008
Recaro merayakan Stadion Sepak Bola ke-50 yang dilengkapi dengan jok eksklusif untuk para pemain; sekarang banyak klub top dunia, termasuk Real Madrid, Manchester United, Olympique Lyon, Ajax Amsterdam, Rapid Wien dan Sao Paulo dilengkapi dengan bangku Recaro.
2008
DHL Exel Supply Chain dan Recaro menandatangani kontrak kerja sama untuk produksi modular dan logistik jok mobil.
2010
Pengenalan berbagai furnitur Recaro.
Demikianlah sejarah Recaro menjadi dewa jok. Prestasi lebih dari seabad yang tak bisa dianggap receh. Bukan saja paling paham soal badan DeepEnder, tetapi Recaro mengutamakan riset untuk kesehatan, keselamatan dan tren.