Dari sejumlah pencapaian Recaro, mau tak mau era 80-an menjadi tonggak sejarah jok sport Recaro selama lima puluh tahun terakhir. Begitu pula di Indonesia. Tanya saja sama pemain reli yang senior, pemain modifikasi yang sekarang sudah beruban atau bahkan kolektor-pedagang aksesori mobil, rata-rata mereka kepincut sama desain eighties.

Teknologi otomotif Jerman mengalami proses kebaruan saat itu, mau tak mau brand-brand aksesori dan penunjang kegantengan ikutan melesat teknologinya. Termasuk Recaro dengan bantalan bahu besarnya.

Tetapi dengan mudah dikenang, periode tersebut memang banyak sekali inovasi yang Recaro lakukan. Kualitas terbukti, dengan teknologi terbaru. Akibatnya, 3 model inovatif selama paruh pertama tahun 80-an kembali menjadi model Recaro yang sangat sukses. Siapa yang tak kenal Recaro Rallye, Recaro Ideal Seat LS dan Recaro A8? 3 jawara ini bahkan masih dicari hingga detik ini.

 

1980 – RECARO Rallye III
The Evolution Of The Foldable Shell

Recaro Rallye III merupakan pengembangan dari Rallye II 1974. Jika Rallye II mempunyai mekanisme lipat, Rallye III menjadi lebih ringan dan bisa dilipat lebih jauh. Orang mengenalnya juag dengan nama Spectrum. Terdapat 2 model sandaran kepala, yaitu versi kepala standar dan kepala jala yang berguna bagi visibilitas penumpang di jok belakang. Jala atau mesh ini merupakan opsional.

 

1983/84 – RECARO IDEAL Seat LS
Nyaman Di Semua Detailnya

Jok ini disebut jok untuk era modern. Kenyamanan yang super adalah fokus pada manfaatnya. Sandarannya empuk. Memungkinkan untuk menyesuaikan panjang permukaan kursi. Selain itu, pemanas kursi opsional disediakan untuk musim dingin juga. Detail lainnya adalah hadirnya tuas penyesuaian sandaran di kedua sisi dan mekanisme pelipatan sandaran.

Semua model generasi 1984 secara khusus memiliki kain yang dapat bernapas dan bantalan di bawahnya untuk kontrol iklim dalam desain baru. Jok ini dikenal mempunyai pelapis yang kokoh. Bahkan ergonomis banget. Rangkanya terbuat dari baja berkekuatan super tinggi.

 

1989 – RECARO A8
Kursi Pertama Di Dunia Dengan Sandaran Terbuat Dari GRP

Recaro A8 ini menjadi sumber inspirasi jok Recaro era modern. Disebut dengan sistem laminasi Sylam menggabungkan plastik berperforma tinggi dengan komponen logam selama produksi. Yang kemudian dikenal dengan GRP yaitu Glass Reinforced Plastic. Konstruksinya ringan. Mempunyai fitur khusus yaitu cangkang belakang yang mandiri, dan diproduksi oleh proses pencetakan injeksi. Hanya bracket sandaran, penyetel dan koneksi ke rel jok yang terbuat dari logam.

DI Recaro A8 ini dikenal personalisasinya. Sandaran dan kulit jok dapat dipesan dalam warna perak metalik atau hitam halus. Penutup standar tersedia dalam warna hitam/abu-abu, hitam, kain atau kulit. Jika kursi yang tepat tidak tersedia dalam keragaman varian ini, cat dan penutup cat individu dapat dipilih.