Berlokasi di pelataran parkiran Sindu Kusuma Edupark, Jambon, Yogyakarta, pada hari Sabtu (31/8) gelaran kontes modifikasi Intersport Auto Show seri keempat di tahun 2019 diselenggarakan. “Menjelang titik terakhir Intersport Auto Show 2019, sebelum babak World Stage, antusiasme peserta semakin meningkat,” ujar Andre Iriawan, Ketua Panitia Penyelenggara Intersport Auto Show 2019.

Uniknya, Yogyakarta yang sempat booming dengan modifikasi elegan, kali ini didominasi aliran modifikasi berkonsep Street Racing. Total ada 15 mobil yang mengusung gaya Street Racing dan Racing. Sisanya berkutat di gaya modifikasi Elegan dan VIP. Total ada tiga puluh dua (32) peserta yang bertarung di seri keempat Intersport Auto Show 2019,
untuk lolos menuju Final Battle di Jakarta.

Andre Irawan, Ketua Panitia Penyelenggara Intersport Auto Show 2019, menuturkan, “Kategori Street Racing kembali mendominasi di seri keempat Intersport Auto Show 2019. Dan sebagian besar merupakan local heroes alias berdomisili di Yogyakarta.” Ini membuktikan bahwa tren car enthusiast di Yogya telah bergeser ke aliran Street Racing.

Dari semua mobil yang beralirah Street Racing, mayoritas menggunakan brand Honda. Mulai dari Honda Civic ‘Nouva’ hingga Honda Civic Ek4 yang dikonversi menjadi Civic EK9 alias Type-R. Lebih dahsyat lagi, semua modifikasinya tergolong berat. Engine swap menjadi menu wajib para racing enthusiast.

Sebut saja mesin B16A, B18C, K20A, menjadi lini mesin yang bisa dilihat di dalam kompartemen mesin. Bahkan ada juga yang melesakkan mesin ‘sebelah’, yaitu 3S-GTE yang merupakan mesin favorit dari Toyota. Meski tenaga sudah melonjak, namun oleh para peserta juga ditingkatkan lagi performanya. Sebut saja penggantian internal mesin mulai
dari ECU Hondata, piston CP, per klep Brian Crower, hingga penambahan turbocharger pun juga ada. Benar-benar maksimal modifikasi yang dilakukan para racing enthusiast Yogyakarta.