Mesin Toyota yang paling legendaris, tentunya banyak orang akan menjawab 2JZ. Tetapi, jawaban itu tidak selalu benar, karena ada mesin yang serupa sebelum 2JZ yaitu 7M.

7M terkenal ketika dipasangkan di Toyota Supra generasi ke 3 dengan kode MA70 yang kemudian menjadi JZA70 selanjutnya dipasang mesin 1JZ . Resep mesin ini sempurna, blok besi dengan head alumunium.

Tetapi, banyak stigma negatif yang didapat mesin ini, banyak yang mengatakan jika 7M ini mesin yang rapuh karena sering meledak, padahal masalahnya sepele. Di jalur produksi 7M awal, Toyota gagal mengencangkan baut headnya sehingga head gasket yang kendor. Hal ini lah yang menjadi penyebab utama banyaknya 7M yang jebol.

Hal ini bisa diantisipasi dengan mudah, yaitu mengencangkan baut head atau menggantinya dengan aftermarket. Tetapi jangan berharap kalau 7M ini bisa menghasilkan tenaga sebaik 1JZ.

Memang mesin ini lebih kuat dari mesin rata-rata. Tapi dibandingkan dengan 1JZ, kekuatannya jauh lebih rendah. Apalagi bagian bottom endnya, tidak sekuat 1JZ.

Karena itu banyak mobil Toyota bermesin 7M seperti Supra, Soarer dan Crown diganti dengan JZ jika ingin mengejar performa lebih. Tapi jika ingin mengejar tenaga di bawah 500 hp, mesin 7M ini masih sanggup.

Apalagi harganya jauh lebih rendah dibanding JZ dan unitnya lebih banyak sehingga bisa dijadikan alternatif.