Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) teranyar milik Suzuki, XL7, resmi mengaspal pada 15 Februari 2020. Diluncurkan secara global di Indonesia! Tepatnya di The Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Dengan mengusung konsep Gear To Distinguish yaitu ide yang lahir dari riset internal tim PT Suzuki Indomobil Sales dengan merespons kebutuhan masyarakat Indonesia dalam berkendara.

Mobil ini dilahirkan dengan mesin yang serupa dengan Suzuki Ertiga, dengan mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang bisa mencapai daya sekitar 104,7 PS di putaran 6.000 rpm dalam torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Gesit, dengan ketahanan mesin yang kokoh cocok dipasangkan pada Suzuki XL7.

Mempunyai dimensi panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.710 mm dengan wheelbase 2.740 mm. Jarak ground clearance Suzuki XL7 menyentuh 200 mm, disajikan lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Radius putarnya pun fleksibel hanya mencapai 5,1 meter saja. Ruang yang diberikan pun lumayan lega dengan kapasitas 7 orang dan dibekali tangki bahan bakar hingga 45 liter. Berat kotor kendaraannya termasuk ringan, hanya 1.720 sampai 1.730 kg.

Di sektor interior, Suzuki XL7 memiliki Audio Touch Screen sebesar 8 inci, AC Digital Auto Climate with Heater untuk meyesuaikan keadaan iklim, Steering Wheel Leather dengan dilengkapi Switch Audio Control, Smart e-Mirror fitur modern yang dapat merekam setiap kejadian di bagian depan dan belakang mobil dan sudah Keyless ketika menyalakan mobil.

Mari kita lihat eksterior. Nampak kasat mata, bagian depan diisi oleh lampu depan LED dengan sistem DRL yang auto on disandingkan dengan lampu belakang dengan light guides. Sweeping cross-bar dan wheel arch extension serta lower bumper bentuknya lebih berisi, atau dengan kata lain berotot. Pegangan pintu pada varian Zeta sesuai dengan warna bodi mobil, sementara varian Beta dan Alpha kena sentuhan krom. Dan untuk ketiga varian, bagian atas mobil diberikan roof rail untuk membawa carrier atau koper.

Jelas ini tongkrongan SUV. Punya potensi menarik untuk disentuh dengan banyak gaya modifikasi. Pada varian Alpha, fitur yang diberikan lebih kompleks. Two tone color di bagian bawah, antara hitam dan silver. Kemudian rear upper spoiler yang disematkan, berfungsi menambah tekanan ke bawah pada mobil untuk mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi. Door visor sebagai penghalang masuknya air ke dalam kabin ketika hujan serta ditambah emblem Alpha sebagai sign dalam menambah dekorasi yang catchy.

Bicara safety? Suzuki XL7 dilengkapi ABS (Anti-Lock Braking System) satu paket dengan EBD (Electronic Brake Force Distribution) untuk mengatur tekanan minyak rem secara merata ke tiap roda mobil. Rear Parking Sensor dikombinasikan dengan Rear Camera (AT) sebagai supporting system ketika melihat bagian belakang mobil dan memiliki Dual SRS Airbags dalam meredam benturan ketika terjadi kecelakaan. Boleh dibilang, mobil ini memiliki fitur aman dan nyaman sesuai di atas rata-rata.

Selain itu, mobil ini pun ramah akan bayi balita dan anak-anak. Memberikan fitur Isofix Child Seat dan Childproof Door Lock agar ketika berkendara keselamatan dan keamanan dalam kendali orang tua ketika sedang menyetir. Tentunya fitur Immobilizer dan ESP (Electronic Stabiity Program) untuk meningkatkan keamanan ketika mobil dikunci dan pengendalian mobil untuk meminimalisir slip ketika berkendara.

Secara umum, keamanan memang selalu jadi perhatian utama Suzuki membuat kendaraannya. Bagian samping Suzuki XL7 ini dilindungi fitur Side Impact Beam atau pipa baja pada kerangka pintu yang berfungsi untuk menahan benturan dari sisi samping.

Ketika menapaki jalan menanjak pun tidak perlu khawatir karena dilindungi oleh Hill Hold Control yang membantu ketika mobil berhenti di jalanan terjal. Fitur yang sangat ‘apik nan ciamik’ diberikan oleh Suzuki Indonesia pada Suzuki XL7 demi memberikan kenyamanan berkendara dan mengurangi angka kecelakaan di Indonesia.

Satu kalat untuk Suzuki XL7, LENGKAP!