PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia melakukan program Field Fix Campaign (kampanye perbaikan) sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta bentuk tanggung jawab terhadap konsumen. Seperti yang diatur di dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor dan Nomor PM 53 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Penarikan Kembali Kendaraan Bermotor.

Model yang terdampak adalah Mitsubishi Lancer EX (1.217 unit), Outlander Sport (2 unit), dan Delica (1 unit). Komponen yang menjadi titik masalah adalah desain Engine Auto Tensioner yang kurang sempurna sehingga terjadi gaya tahanan geser. Terutama saat mesin digunakan pada putaran tinggi, durabilitas komponen tersebut akan berkurang.

Dalam kondisi terburuk, Engine Auto Tensioner akan pecah sehingga drive belt yang menghubungkan putaran mesin dengan pompa oli power steering, air radiator, dan alternator terlepas.

Jika belt terlepas, lampu check engine light akan menyala, kekuatan aki akan berkurang, tekanan oli power steering hilang, dan overheat pada mesin. Namun, saat ini belum ada laporan terkait Engine Auto Tensioner di Indonesia.

“Kami mengundang para konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di diler resmi kami dengan prosedur yang mudah serta kompensasi penggantian part yang terkait tanpa biaya, ungkap Eiichiro Hamazaki, Director of Aftersales Division PT MMKSI.

MMKSI melalui diler kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia akan mengirimkan surat undangan kampanye perbaikan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye. Dalam mengikuti kampany perbaikan ini, konsumen tidak akan dipungut biaya apapun.

Perbaikan dilakukan dengan penggantian komponen baru yang telah dikembangkan lebih baik dengan estimasi waktu perbaikan sekitar 1,5 jam untuk penggantian Engine Auto Tensioner Lancer EX, Outlander Sport & Delica.

Kampanye ini akan dimulai tanggal 28 Februari 2020 di seluruh diler kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di Indonesia.