Selama seminggu terakhir, 10 tim Formula 1 (F1) dan FIA telah berkumpul dan mengambil tindakan cepat dan tegas sebagai bagian dari respons awal kami terhadap pandemi Covid-19.

Sementara saat ini tidak ada yang bisa memastikan kapan tepatnya situasi akan membaik, dan ketika itu terjadi, “Kita semua berkomitmen untuk menghadirkan musim Kejuaraan 2020 bagi para penggemar. Ketika situasi membaik, kami akan siap untuk balapan,” ujar Chase Carey selaku CEO F1.

CEO Formula 1

Prinsipal F1 menyadari ada potensi signifikan untuk penundaan tambahan dalam acara yang dijadwalkan saat ini, namun pihak F1 dan peserta balapan sepenuhnya berharap musim akan dimulai di beberapa titik musim panas, dengan kalender yang direvisi antara 15-18 balapan.

Seperti yang telah diumumkan sebelumnya, “Kami akan memanfaatkan liburan musim panas yang dibawa ke Maret/April untuk balapan selama periode istirahat musim panas ini, dan mengantisipasi tanggal akhir musim semula 27-29 November, dengan urutan dan jadwal aktual tanggal untuk balapan berbeda secara signifikan dari kalender 2020,” tambah Chase Carey.

Penundaan balapan F1 ini semata-mata untuk menghindari penyebaran virus Corona yang lebih meluas lagi, beberapa tim telah sepakat untuk menghentikan balapan. Memulai aktifitas lainnya, dan beberapa tim telah berkomitmen untuk menghentikan penyebaran virus.