Semenjak dihimbau untuk melakukan aktivitas bekerja dari rumah (work from home) oleh Pemerintah, maka kendaraan pun jadi jarang digunakan. Khususnya sepeda motor Honda, bisa tak terpakai dalam jangka waktu cukup lama. Jika hal ini yang terjadi, maka kita sebagai pemilik harus lebih memperhatikan kondisinya agar performa terbaik sepeda motor tetap terjaga.

Menurut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), performa terbaik sepeda motor tak hanya didapat dengan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang ditentukan, tetapi juga perawatan yang dilakukan sendiri.

”Termasuk saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik. Karena kadang terdapat komponen atau bagian sepeda motor yang butuh diperhatikan saat diam dalam jangka waktu cukup lama, yang dikhawatirkan mempengaruhi kinerja,” ucap Endro.

Berikut beberapa tips dari AHM untuk menjaga kondisi sepeda motor saat diam dalam jangka waktu lama:

  1. Jika memang sudah ada rencana tidak akan digunakan dalam jangka waktu cukup lama, alangkah baiknya sepeda motor dicuci terlebih dahulu. Karena ada beberapa pengendara motor yang harus melewati daerah becek, berbau, kotor dan berlumpur. Salah satu dari hal tersebut yang mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen.
  2. Beri pelumas bagian bagian yang cenderung/berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.
  3. Untuk sepeda motor tipe matik, sebaiknya diparkir menggunakan standar tengah supaya mudah untuk kita melakukan pemanasan mesin.
  4. Lakukan pemanasan mesin secukupnya, kira-kira sampai suhu kerja mesin antara 80-100 derajat Celcius, dilakukan setiap hari akan lebih baik. Untuk mencapai suhu tersebut, panaskan kira-kira 3-4 menit. Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup.
  5. Khusus tipe motor matik, perhatikan bagian bagian dalam kover plastik motor, terutama bagian bawah. Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang/rongga ini bisa menjadi tempat singgah binatang (tikus/ular). Lakukan pengecekan ini saat memanasi mesin.

Dengan melakukan hal-hal tersebut di atas, sepeda motor yang lama tak terpakai diharapkan tetap memberikan kenyamanan dan performa optimal ketika akan digunakan kembali.