Wabah Covid-19 menjadi sebuah wabah yang sangat serius di Italia. Bagaimana tidak? Italia sudah menjadi pusat pandemi virus ganas tersebut di dunia, melebihi Tiongkok.

Dalam mendukung pencegahan virus Covid-19, Lamborghini sebagai perusahaan supercar asal Italia, sementara mengalihkan produksi mereka dari mobil menjadi alat pelindung diri atau APD, tepatnya masker dan tameng wajah. Mereka mengubah fasilitas produksi di Sant’Agata, Bolognese.

Lamborghini memang tidak memiliki fasilitas produksi massal seperti pabrikan mobil pada umumnya, hampir semua pengerjaan mereka dilakukan dengan tangan, itulah yang terjadi pada produksi masker mereka dimana mereka mengalihkan area produksi interior mobil-mobil Lamborghini menjadi area produksi masker dengan target 1000 masker per hari.

Semua masker dijahit oleh para spesialis yang biasanya merakit interior untuk Lamborghini secara manual atau dengan tangan.

Tak hanya masker, divisi carbon fiber Lamborghini turut membuat tameng wajah berbahan plexiglass untuk keperluan medis dengan teknologi 3D Printing dengan target produksi sebanyak 200 unit per hari. Memang tak banyak, namun merupakan sebuah kontribusi yang sangat berarti di tengah krisis pandemik Corona ini.

Lamborghini bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah dan lembaga kesehatan untuk memastikan bahwa APD yang mereka produksi sudah sesuai standar. Masker dan tameng wajah ini pun akan didonasikan kepada rumah sakit Sant’Orsola-Malpighi di Bologna.