Wabah virus Corona atau Covid-19 telah membuat heboh seluruh aspek kehidupan, termasuk salah satunya yang tidak luput terdampak adalah dunia otomotif. Berkendara dalam kabin ber-AC bukan menjadi jaminan terbebas dari virus ini, dengan maraknya wabah virus Corona ini tentu membuat masyarakat dituntut untuk lebih menjaga kebersihkan, mengingat penyebaran virus Corona yang begitu cepat.

Tak hanya dituntut untuk menjaga kebersihan diri dan tempat tinggal tetapi kebersihan mobil yang dimiliki, terutama untuk masyarakat yang masih aktif bepergian menggunakan kendaraan pribadi dan masih melakukan aktivitas di area public saat pandemi virus Corona. Supaya tetap aman terlindung dari virus Corona saat mengemudi mobil, ada beberapa hal yang bisa diakukan sebagai tindakan preventif. Berikut tips dari Garda Oto:

  1. Bersihkan Komponen Mobil Yang Sering Disentuh

Ada sejumlah titik di mobil yang kiranya menjadi tempat favorit keberadaan virus. Bagian mobil yang rentan akan virus ini adalah komponen mobil yang sering disentuh. Seperti setir mobil, tombol audio, tombol power window, handle pintu dan sabuk pengaman.

Untuk itu pemilik mobil, harus rajin membersihkan komponen-komponen tersebut, namun cara membersihkannya tidak boleh sembarangan. Contohnya ketika ingin membersihkan setir mobil. Untuk setir berbahan kulit, sebaiknya gunakan alat pembersih khusus kulit atau jika tidak punya dapat menggunakan air yang sudah dicampur dengan sabun. Kemudian sikat perlahan dengan sikat gigi, setelah itu dilap bersih dengan kain microfiber.

Sementara, untuk setir berbahan plastik atau vinil tidak jauh berbeda cara membersihkannya. Hanya berbeda pada campuran air dan sabun yang digunakan jangan terlalu kental, karena jika terlalu kental akan membuat permukaan setir menjadi lengket. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian lainnya, seperti tuas-tuas wiper dan sein. Agar lebih maksimal, proses tersebut juga bisa diterapkan untuk tuas persneling, rem tangan serta handel pintu.

  1. Cuci Tangan Sebelum Dan Sesudah Menyetir

Setelah mensterilkan komponen-komponen mobil yang sering disentuh. Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir merupakan hal yang wajib dilakukan untuk meminimalisir potensti terinfeksi virus Corona, karena seperti yang kita ketahui tangan merupakan anggota tubuh yang paling rentan sebagai media perantara dalam perpindahan virus Corona. Jangan lupa untuk tetap memakai masker apalagi saat kita sakit demam, pilek dan batuk.

  1. Membawa Hand Sanitizer

Selain itu, disarankan cuci tangan secara rutin sebelum memegang apapun yang ada di dalam mobil. Jika ada, dianjurkan untuk mencuci tangan minimal 20 detik menggunakan air mengalir dan sabun. Agar lebih praktis, dapat membawa cairan pembersih seperti hand sanitizer. Aplikasikan sebelum masuk dan keluar mobil. Supaya memudahkan dan tetap bisa dibawa keluar mobil, sediakan hand sanitizer dalam ukuran yang praktis untuk dibawa kemana-mana.

  1. Dimulai dari Menjaga Kondisi Tubuh

Meski belum ada obatnya, virus Corona akan sulit menjangkit mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Karenanya, selalu jaga kondisi tubuh dengan istirahat cukup, makan makanan bergizi, minum multivitamin khususnya vitamin C yang membantu mempertahankan kekebalan tubuh, dan segera periksa ke dokter jika merasa kurang sehat, khususnya jika memiliki gejala terjangkit virus Corona.

  1. Hubungi Garda Siaga Jika Alami Kesulitan

Tragedi mobil mogok mendadak di jalan tentunya akan menjadi sangat merepotkan untuk para pengendara dimanapun. Apalagi jika terjadi di tengah pandemi virus Corona ini, dimana jalanan sedang sepi dan akan otomatis akan sulit mendapatkan bantuan.  Jika terjadi dan merupakan pelanggan dari Asuransi mobil Garda Oto, tentu mogoknya mobil bukan lagi menjadi momok yang mengerikan. Karena layanan Garda Siaga akan selalu siap siaga selama 24 jam memberikan pertolongan pertama kepada mobil pelanggan kami yang bermasalah.

Caranya, dapat dengan mudah menghubungi layanan call center 24 jam dari Asuransi Astra yaitu Garda Akses 1500112. Setelah menghubungi Garda Akses, tim Garda Siaga akan segera meluncur ke lokasi Anda untuk memberikan bantuan atas segala permasalah mobil, kapanpun dan dimanapun.

Nah jika sudah mengikuti semua tips yang kami jabarkan di atas, alangkah lebih baik jika tetap mengikuti himbauan dari pemerintah untuk berkegiatan di rumah dan hanya keluar saat pada keadaan yang mendesak, sebagai wujud nyata kepedulian kita memutus mata rantai perkembangan virus Corona.

Semoga penyebaran virus Corona dapat segera diatasi dan kita semua dapat berhasil melewati pandemi ini dengan selamat dan masyarakat dapat kembali menjalani aktivitas normal seperti sedia kala.