Bukan rahasia umum bahwa kendaraan-kendaraan listrik sudah banyak dijual di negara-negara lain, bisa dibilang hampir semua produsen kendaraan memiliki kendaraan listrik ataupun hybrid. Begitu juga dengan Wuling Hongguang Mini EV yang akan dirilis di Tiongkok dalam waktu dekat.

Wuling Hongguang Mini EV bisa dibilang sebagai sebuah hatchback listrik yang kompak, hanya memiliki 2 pintu namun ruang kabin tetap dimaksimalkan dengan 4 tempat duduk, sepertinya terinspirasi dari Kei Car yang marak di Jepang.

Mobil ini kecil, bahkan bisa dibilang sangat kecil dibandingkan hatchback perkotaan lainnya, panjangnya hanya 2.917 mm dengan lebar 1.493 mm. Yang membuatnya lega adalah tinggi dari mobil ini, yaitu 1.621 mm, apalagi desain mengotaknya memaksimalkan ruang yang ada. Desain mengotak memang bukan desain paling atraktif dalam dunia otomotif, namun paling efisien dalam penggunaan tempat.

Mobil listril ini memiliki 2 baris tempat duduk hingga 4 orang jika baris kedua didirikan, ruang bagasi bisa dikatakan lenyap, namun setidaknya baris kedua masih terlihat cukup untuk digunakan di perkotaan berdasarkan foto dari Wuling.

Lantas, bagaimana jika baris kedua dilipat? Ini dia klaim yang dibanggakan oleh Wuling, jika baris kedua dilipat, maka volume bagasi akan bertambah menjadi 740 liter atau sekitar 4 koper besar menurut Wuling, suatu hal yang mungkin dinilai mustahil untuk kendaraan sekecil ini.

Interiornya sederhana, sebuah dashboard yang mengalir lurus dengan panel panel sederhana dan absennya konsol tengah untuk memaksimalkan ruang. Berkat tenaga listrik, maka tuas perseneling yang biasa boros tempat dapat dibuang dan digantikan dengan tombol yang hemat tempat.

Untuk performa, jangan berharap terlalu banyak karena pada dasarnya, mobil ini bukan mobil listrik yang dirancang untuk performa tinggi, melainkan untuk perjalanan dalam kota yang banyak menemui kemacetan dan lalu lintas stop & go.

Wuling belum merilis spesifikasi resmi dari mesin mobil ini, namun berdasarkan informasi yang beredar, mobil ini dilengkapi sebuah motor listrik dengan tenaga 27 hp, memang bukan tenaga yang spektakuler, kecepatan maksimalnya pun hanya 100 kpj, cukup jika ingin dibawa ke tol namun sepertinya kebanyakan hanya akan dipakai di kota saja. Baterainya berkapasitas 13.82 Kwh, namun belum ada info pasti mengenai jarak tempuh dari motor listrik ini.

Kabarnya Wuling akan merilis 3 varian untuk Mini EV ini, tetapi detail dari ketiga varian tersebut belum dirilis oleh Wuling sehingga harus menunggu hingga mobil ini dirilis secara resmi di Tiongkok.