Saat pemerintah memberlakukan peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), banyak dari kita melakukan pekerjaan dari rumah (WFH), yang membuat rutinitas kegiatan juga berubah. Berhentinya rutinitas harian ini membuat kendaraan, khususnya mobil yang biasa kita gunakan sehari-hari akan terpakir di garasi rumah.

Pada sisi lain, mobil tetap membutuhkan perawatan karena ditakutkan tidak dalam kondisi optimal jika tidak digunakan dalam waktu yang lama. Sementara kita mengetahui, bahwa mobil pribadi jadi kendaraan andalan untuk bepergian dengan aman khususnya di kala darurat, seperti membeli kebutuhan pokok dan medis.

Kali ini Daihatsu membagikan tips agar mobil Sahabat tetap dalam kondisi baik selama tidak digunakan dengan memperhatikan beberapa aspek, seperti :

  1. Merawat Aki dengan memanaskan mobil paling tidak 1-2 kali dalam seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki. Mobil yang tidak dipakai mengalami pengurangan daya sekitar 3 persen dari kapasitasnya setiap hari. Saat memanaskan mobil di garasi rumah, pastikan juga agar asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah.

  2. Wiper dapat diangkat apabila mobil diparkir di area parkir terbuka. Ketika suhu panas di luar, karet wiper akan lebih cepat rusak ketika terus menempel pada kaca mobil. Namun Sahabat tidak perlu mengangkat wiper apabila mobil diparkir di garasi rumah yang teduh.

  3. Area Parkir di garasi rumah menjadi pilihan terbaik. Bagi Sahabat yang tidak memarkir di garasi, pastikan mobil tidak diparkir di area yang terkena matahari dan dijemur langsung, karena dapat membuat cat mobil menjadi pudar dan kusam. Pastikan juga lokasi parkir tersebut juga aman dan terpantau. Tambahkan kunci setir kendaraan bila diperlukan.

  4. Tekanan angin pada Ban dapat berkurang apabila kendaraan diparkir dalam waktu lama terlebih di garasi berlantai keramik. Sahabat dapat menambahkan tekanan angin paling tidak ditambah sekitar 5 persen dari tekanan angin normalnya. Sahabat juga dianjurkan untuk menggerakan kendaraan maju – mundur sedikit paling tidak seminggu sekali agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu secara merata, sehingga kerusakan ban akibat deformasi dapat dicegah.

  5. Transmisi dan rem tangan juga tidak luput untuk diperhatikan. Demi keamanan, aktifkan rem tangan sekalipun parkir dalam bidang jalan yang rata. Khusus untuk mobil transmisi automatic, pastikan ada di posisi P (Parking) untuk mencegah mobil bergerak saat parkir.

  6. Kebersihan mobil dapat dijaga dengan mencuci sisi eskterior dan membersihkan interior mobil paling tidak seminggu sekali. Pastikan setiap sudutnya dicuci bersih agar terbebas dari kotoran, terlebih ada virus atau bakteri yang menempel.

“Lewat sharing tips ini, Sahabat dapat menjaga dan merawat mobil Daihatsu kesayangannya di rumah selama tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jangan lupa untuk bisa menerapkan tips ini agar mobil tetap dalam kondisi yang baik dan optimal ketika akan digunakan kembali,” ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).