Toyota Thailand baru saja meluncurkan sebuah SUV yang benar-benar baru pada pagi hari di tanggal 9 Juli 2020 secara online, yaitu Corolla Cross, sebuah SUV bagi keluarga yang aktif dengan berbagai aktivitas.

Sebenarnya Corolla dengan berbagai model bodi bukanlah hal baru, sejak dulu Corolla memiliki beragam varian selain sedan. Ingin wagon? Ada Corolla Wagon seperti pada generasi AE101 dan beberapa generasi lainnya.

Ingin liftback? Ada Corolla Liftback pada generasi AE92. Hatchback? Ada Corolla II. Bahkan model legendaris AE86/85 pun memiliki 2 varian wajah dari Levin Trueno dan 2 varian belakang  antara coupe dan hatchback.

Tetapi baru kali ini sepanjang 54 tahun sejarah Corolla, Corolla dihadirkan dalam versi SUV. tepatnya SUV pada segmen C yang akan bersaing dengan Nissan Xtrail, Mazda CX-5, Honda CR-V, dan rival lainnya.

Toyota mengusung tema “A New Journey” untuk mobil ini, menjawab keinginan berbagai orang untuk beraktivitas dan berpetualang dalam kondisi dunia yang baru, melepas kejenuhan di rumah.

Petualangan tersebut juga akan menjadi spesial karena rasa PD yang diberikan oleh Corolla Cross. Modelnya urban nan atraktif tetapi tangguh, bisa membuat penggunanya berbangga menggunakan Corolla Cross.

Corolla Cross tentunya menggunakan sasis Toyota TNGA dan memiliki basis Corolla Altis sedan, hal ini membuat Toyota menjamin bahwa SUV ini memiliki pengendalian dan kelincahan seperti sebuah sedan.

Hal ini dibuktikan melalui tes Toyota pada masa pengujian dimana Corolla Cross dapat melalui jalanan berliku dan slalom tanpa kesulitan berarti. Tentunya mobil ini juga bisa diandalkan mengingat jarang sekali kita mendengar Corolla bermasalah, Corolla pastinya simple & reliable.

Tentunya sebuah SUV pada tahun 2020 memerlukan fitur yang lengkap. Oleh karena itu, Toyota sudah melengkapi Power Back Door dengan Kick Sensor yang sangat berguna ketika hendak memasukkan barang bawaan berat ke bagasi.

Bicara tentang bagasi, SUV ini memiliki bagasi yang besar, yaitu 487 Liter. Kapasitas itupun bisa diperbesar bila jok baris kedua dilipat.

Selain bagasi tersebut, terdapat moonroof yang cukup besar memberikan rasa lapang dalam kabin dan tentunya menambah prestise dari mobil ini. Tentunya penumpang juga dimanja dengan interior yang lega, modern, dan mewah.

Hiburan mobil ini datang dari sistem infotainment yang lengkap dengan Apple Carplay. selain itu Toyota mengklaim mobil ini lebih nyaman karena peredam suara yang berbeda dan suspensi yang halus tetapi stabil.

Pengemudi juga merasakan hawa modern dari mobil ini karena clusternya sudah full digital dengan layar full colour. Apalagi ada kamera 360 derajat yang Toyota sebut Panoramic View Camera sehingga akan mempermudah manuver tempat sempit.

Selain itu, keselamatan dalam kabin juga terjamin berkat adanya 7 airbag. Tetapi sepertinya airbag tersebut bisa-bisa tidak dipakai karena beragam fitur keselamatan pasif yang mencegah terjadinya tabrakan.

Fitur pencegah tabrakan tersebut seperti Lane Keeping Assist, radar Cruise Control, Pre-Collision System, dan Auto High Beam. Tentunya fitur keselamatan standar seperti ABS juga ada.

Tentunya semua ini akan percuma tanpa performa yang mumpuni. Oleh karena itu, Toyota mempertahankan mesin bensin 1.800cc dan bensin 1.800cc Hybrid seperti pada Corolla Altis yang sudah terbukti performa dan ketangguhannya.

Menurut hasil pengetesan Toyota, mesin bensin konvensional ini mengonsumsi 1 liter bahan bakar setiap 15,4 kilometer. Sementara saudara Hybridnya mengonsumsi jumlah yang sama setiap jarak 23,3 kilometer.

Toyota menawarkan 4 tipe untuk mobil ini. Yaitu 1.8 sport bensin, Hybrid Smart, Hybrid Premium, dan Hybrid Premium Safety. Semuanya tersedia dalam 7 pilihan warna, yaitu Metal Stream Metallic, Red Mica Metallic, Attitude Black Mica, Celestite Gray Metallic, Platinum White Pearl, Nebula Blue, dan Graphite Metallic.

Toyota memasarkan mobil ini di Thailand dengan harga 989.000 Baht untuk 1.8 Sport,

1.019.000 untuk Hybrid smart  1.089.000 untuk Hybrid Premium, dan 1.199.000 untuk Hybrid Premium Safety. Artinya dengan kurs saat ini, Corolla Cross dipasarkan mulai dari 457 jutaan hingga 554 jutaan.

Toyota Indonesia belum berkata apapun terkait rencana penjualan mobil ini di Indonesia. Namun, jika dilihat dari tren perilisan mobil sebelumnya seperti Corolla Hybrid, maka mobil ini sepertinya akan masuk ke Indonesia beberapa bulan setelah diluncurkan di Thailand.

Apalagi, perlu diingat bahwa mobil yang dijual di Thailand dan Indonesia memiliki kemiripan mulai dari lini produknya hingga fiturnya. Hanya saja ada beberapa penyesuaian agar sesuai dengan pasar Indonesia. Sehingga bisa dibilang kemungkinan besar mobil ini akan masuk ke Indonesia.

Bila benar Toyota Indonesia memasukkan mobil ini ke Indonesia, apakah DeepEnd-ers tertarik akan mobil ini dan mungkin ingin memodifikasinya?