Gelaran Honda Racing Simulator Championship atau HRSC seri pertama di Suzuka baru saja diselenggarakan pada Sabtu, 11 Juli 2020 secara live. Balap ini diikuti oleh berbagai kalangan dan usia.

Pada balap ini, pembalap virtual ternama Andika Rama Maulana mengikuti ajang ini dan pembalap nasional Fitra Eri juga mengikuti. Namun sayangnya Fitra Eri tidak dapat hadir pada seri pertama di Suzuka ini. Sementara itu, pembalap termuda dalam kelas Pro adalah Attaya Kenzie yang berusia 10 tahun.

Balap virtual yang menggunakan simulator Rfactor 2 ini disiarkan langsung melalui Youtube Hondaisme, terjadi beragam aksi dan persaingan yang ketat, terutama pada kelas Pro.

Terjadi berbagai aksi menarik dimana banyak split stream yang ketat, tak jarang menimbulkan sedikit benturan antar pembalap. Insiden pun tak bisa dihindarkan yang mengakibatkan adanya DNF (Did Not Finish) bagi sebagian pembalap.

Sementara, persaingan ketat dapat terlihat beberapa kali, contohnya pada perebutan posisi 15 di sisa menit ke 23 pada balap ini dimana terdapat 6 mobil yang saling bersaing untuk mendapatkan posisi 15 yang dipegang oleh Dellianoer Hidayat.

Kumpulan Civic tersebut menyebabkan adanya grup tersendiri yang membuat balapan menjadi sangat menarik. Kemiripan skill yang ada membuat persaingan jauh lebih ketat dari balap biasanya.

Tak lama setelah persaingan itu, grup tersebut terpecah karena adanya off track pada posisi 17 dan persaingan posisi ke 15 menjadi sangat sengit diantara Dellianoer Hidayat dan Haryo Amiluhur yang mencoba mengambil posisi ke 15 dengan late braking, namun Dellianoer Hidayat tetap mempertahankan posisinya.

Namun ada hal menarik pada balap ini dimana pemimpin balap ini, Andika Rama Maulana, salah satu pembalap pembalap simulator berpengalaman berhasil mempertahankan posisi pertama sepanjang balapan.

Ya, Andika Rama Maulana dengan nomor balap 02 yang menjadi pemenang pada seri pertama ini memulai pada posisi pertama dan tetap disana tanpa mengalami kendala, seakan akan terpisah dari kumpulan mobil lainnya.

Pada akhir balapan, Andika Rama Maulana mendapatkan posisi pertama setelah 19 lap dan diikuti oleh Jaka Siswoyo pada posisi kedua dan Ferris Stanley pada posisi ketiga.

Nantinya, semua pembalap ini akan melanjutkan seri kedua di sirkuit Sepang, Malaysia dan kembali berkompetisi untuk mendapatkan poin terbanyak dan menjadi pemenang pada balap 6 seri ini.