Pada gelaran GIIAS 2019, masyarakat dikejutkan oleh gerakan “nyeleneh” dari PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Mereka memamerkan sebuah mobil balap, namun basisnya MPV. Tidak seperti merk lainnya yang menggunakan basis yang lebih umum.

Tentu saja karena ini Mitsubishi, balap yang mereka pilih adalah rally. Rasanya tak perlu diceritakan lagi betapa legendarisnya Mitsubishi dalam dunia rally mulai dari dipakainya Galant hingga Lancer Evolution.

Bekerjasama dengan XRT (Xpander Rally Team), MMKSI membangun sebuah mobil rally kelas AP4 dengan basis Xpander. Mobil tersebut dinamai Xpander AP4. Tentu saja mobil ini lengkap dengan turbo dan penggerak 4 roda.

“Kolaborasi kami bersama dengan tim XRT dalam mewujudkan Crossover MPV seven-seater pertama yang dimodifikasi dan bergabung dengan AP4 Rally terus berlanjut. Meskipun di tengah situasi yang belum kondusif, MMKSI dan XRT tetap berkomitmen dalam mempersiapkan Mitsubishi Xpander AP4 untuk ajang rally nasional maupun internasional. Ini adalah salah satu upaya kami dalam mempersembahkan petualangan baru yang unik yang hanya dimiliki oleh keluarga Mitsubishi Xpander dan tentunya akan kami bagikan pengalaman ini untuk dinikmati para konsumen kami di Indonesia,” ungkap Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI.

Namun saat GIIAS, mobil tersebut barulah berupa prototipe semata karena saat itu, Xpander AP4 masih berada di dalam tahap riset oleh Ralliart di Selandia Baru. Akhirnya, pada tahun 2020 ini, mobil tersebut sudah direalisasikan dan baru saja menjalani pengetesan di Sirkuit Tembong Jaya, Serang Banten, pada 11 Juli 2020 kemarin.

Test tersebut diuji di jalur gravel, brand ambassador sekaligus pembalap reli legendaris, Rifat Sungkar berkata “Saya sangat puas pada uji coba perdana Mitsubishi Xpander AP4 kami di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Sabtu lalu. Testing sejauh 100 kilometer itu sangat bermanfaat karena kami mendapatkan data otentik mengenai semua performance di mobil tersebut, mulai dari mesin, transmisi, suspensi dan juga sasis”.

Berdasarkan pengetesan tersebut, AP4 menunjukkan performa dan hasil yang baik tanpa kendala berarti. Data data penting pun dapat diambil seperti dari bahan bakar, ban, air pendingin turbo, dan lain lain.

Pengetesan tersebut dapat ditonton pada link berikut

Selanjutnya, Xpander AP4 akan di tes di lintasan aspal dan Xpander AP4 nantinya akan bertarung di ajang reli nasional seperti Kejuaraan Nasional Sprint Rally dan Speed Rally. Namun karena pandemi Covid-19 ini, kejurnas tersebut harus ditunda sampai waktu yang belum pasti namun diperkirakan akan diadakan pada akhir 2020 mendatang.