Dunia balap di tanah air sedang menjadi pembicaraan yang hangat. Hanya saja mengingat kondisi yang tidak memungkinkan, Honda Racing Indonesia dengan berat hati meniadakan balap seperti Jazz Speed Challenge, Brio Speed Challenge dan Brio Saturday Night Challenge.

Selain tidak mengadakan balap, Honda juga menarik keikutsertaannya dalam balap ITCR (Indonesia Touring Car Racing) pada tahun ini yang biasanya diikuti 2 kelas, yaitu 1.500 dan 1.600 Max.

Tetapi para fans tidak perlu khawatir karena sebagai gantinya, Honda akan menambah aktivitas virtual yang menyesuaikan dengan tren, kondisi, dan kebiasaan baru masyarakat yang berbasis digital.

Salah satunya adalah ajang balap virtual Honda Racing Simulator Championship yang dimulai pada Juni 2020 lalu dengan jumlah pendaftar mencapai 200 pembalap yang kemudian diseleksi lagi sehingga tersisa 60 pembalap yang terbagi rata menjadi 2 kelas, yaitu Pro dan Amateur.

Selain balap, ada juga ajang untuk berkreasi melalui Honda Brio Virtual Modification Challenge yang dibuka hingga 31 Juli. Hingga saat ini, Honda telah menerima lebih dari 700 karya yang dikirimkan para modifikator virtual.

Bagi para penikmat game mobile, nantinya akan ada game mobile yang akan dirilis pada Agustus 2020 dengan nama ‘Honda Brio Drift Challenge’. Game ini akan menyajikan keseruan sebuah kompetisi Drifting menggunakan Honda Brio.

Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Pada tahun ini kami berkomitmen untuk tetap mempopulerkan balap mobil di Indonesia dengan memperluas aktivitas balap kami secara virtual. Sesuai dengan semangat Everyone Can Race yang kami usung, kami percaya bahwa platform digital dapat membawa kesenangan balap ke lebih banyak orang, terutama pada masa pandemi yang menyebabkan banyak pembatasan aktivitas di luar ruangan.”

Selain mengembangkan aktivitas dunia virtual dan digital, Honda tentunya juga memikirkan rencana balap dunia asli mereka untuk tahun 2020 ini. Tetapi Ikatan Motor Indonesia (IMI) selaku induk olahraga bermotor di Indonesia resmi meniadakan segala jenis balap untuk tahun 2020.

Yusak Billy menjelaskan, “Meskipun tidak berlaga di sirkuit pada musim 2020 ini, kami akan tetap fokus untuk mempersiapkan tim Honda Racing Indonesia dan merancang aktivitas balap yang semakin seru dan menantang di musim mendatang. Kami juga akan terus memantau kondisi terkini untuk dapat memfasilitasi para pembalap Honda untuk dapat berlatih dan mempersiapkan diri menjelang musim balap tahun depan.”

Honda juga berencana menggunakan waktu yang ada untuk mengadakan sesi latihan bagi para pembalapnya. Latihan tetap berjalan seperti biasa hanya saja jadwalnya disesuaikan untuk mencegah kerumunan para pembalap ataupun kru tim.

Trackday juga masih memungkinkan mengingat ketika trackday, kumpulan masa seperti kru, penonton, keluarga, dan teman tidak perlu hadir sehingga penerapan protokol kesehatan dapat diterapkan dengan lebih tegas.