Tampaknya sangat sulit untuk menghentikan Honda dalam urusan penjualan mobil. Meskipun dilanda pandemi dan penurunan kegiatan ekonomi, penjualan mobil Honda tetap berada di angka yang positif.

Seperti pada bulan Juli 2020 dimana Honda berhasil mencatat penjualan sebanyak 4.036 unit, meningkat 62% dibandingkan penjualan pada bulan Juni.

Honda pun bisa berterima kasih kepada Brio Satya karena, Brio Satya lagi-lagi tercatat sebagai model dengan penjualan tertinggi bagi Honda dengan total 1.697 unit atau 42% dari total penjualan, meningkat 102% dibanding bulan sebelumnya.

Selain Satya, peningkatan penjualan juga dicatat oleh saudaranya, yaitu Brio RS dengan penjualan sebanyak 518 unit di bulan Juli. Secara keseluruhan, keluarga Brio mengumpulkan penjualan sebesar 2.215 unit sepanjang bulan Juli lalu.

Model-model Honda lainnya juga ikut menunjukkan tren penjualan yang positif. Honda HR-V terjual sebanyak 599 unit, meningkat 74% dari bulan sebelumnya yang tercatat 343 unit.

Sementara itu hatchback legendaris Honda Jazz membukukan penjualan sebesar 434 unit, naik 48% dibanding bulan sebelumnya yang terjual sebanyak 293 unit.

Belum lagi MPV Honda Mobilio yang terjual sebanyak 282 unit, meningkat 72% dari bulan sebelumnya yang tercatat 164 unit dan SUV Honda CR-V yang terjual sebesar 246 unit, meningkat 28% dari bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 192 unit .

Honda BR-V juga menyumbang penjualan sebesar 112 unit, meningkat 70% dari bulan sebelumnya yang terjual sebanyak 66 unit. Disusul oleh Honda Civic Hatchback yang terjual sebanyak 61 unit, meningkat 17% dibanding bulan lalu yang tercatat sebesar 52 unit.

Penjualan sedan pun juga ikut meningkat seperti Honda Civic sedan yang turut memberikan kontribusi penjualan sebesar 37 unit, meningkat 42% dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 26 unit.

Sedan premium Honda Accord pun terjual sebanyak 23 unit, meningkat 15% dibanding bulan lalu yang tercatat sebanyak 20 unit. Sedangkan Honda City berhasil sebesar 21 unit, meningkat 50% dibanding bulan sebelumnya yang terjual sebesar 14 unit.

MPV premium Honda Odyssey juga terjual sebanyak 5 unit, meningkat 25% dari bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 4 unit serta mobil sport Honda Civic Type R terjual sebesar 1 unit setelah bulan sebelumnya tidak ada penjualan.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, bahwa penjualan selama bulan Juli menjadi sebuah indikator positif setelah selama dua bulan berturut-turut menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

Kontribusi dari pembeli pertama di segmen LCGC dan mobil keluarga pun menjadi faktor penting terhadap peningkatan penjualan tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa angka ini memang secara total belum bisa menyamai penjualan pada tahun lalu.

Kemudian untuk menyambut bulan Agustus, Honda menawarkan program bertajuk “Semarak Kemerdekaan Honda”  yang memberikan keuntungan lebih bagi konsumen yang melakukan pembelian mobil Honda.

Konsumen juga akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun) khusus untuk pembelian Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda CR-V, dan Honda Jazz.

Lalu, khusus bagi konsumen Loyalist /  Education / Medical Worker yang melakukan pembelian Honda Brio & Honda HR-V juga akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun).

Honda juga memberikan Independence Package Value hingga Rp 15 juta untuk setiap pembelian mobil Honda Brio, Honda Mobilio, Honda BR-V, dan Honda HR-V.

Sementara untuk pembelian online melalui situs e-commerce Tokopedia atau Blibli, konsumen dapat menggunakan fasilitas cicilan 0%. Tidak hanya itu, Honda juga mengadakan Honda Mobilio Special Week dimana konsumen yang melakukan pembelian saat online event akan mendapat tambahan voucher Sport Utilities sebesar Rp 2 juta.

Tentunya, semua promo yang diberikan memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selain itu layanan yang memudahkan konsumen seperti Home Service untuk perawatan mobil ringan hingga perawatan berkala, Pickup Service untuk perawatan berkala dan perbaikan yang memerlukan peralatan khusus, Honda Experience untuk membantu konsumen saat berada dalam keadaan darurat selama 24 jam juga terus ada.