19 Agustus menjadi sebuah tanggal yang spesial bagi peserta Brio Virtual Modification (VMod) challenge. Pasalnya, hari itu merupakan hari pengumuman pemenang dari lomba yang diadakan dari 11 Mei hingga 31 Juli 2020 lalu.

Nampaknya, hari tersebut juga menjadi sangat spesial bagi Muhammad Haekal Shafi karena Ia diumumkan sebagai juara pertama pada ajang modifikasi virtual tahun ketiga ini.

Berbekal foto yang disiapkan Honda, aplikasi photoshop, dan ketekunan tinggi, Haekal membuat Honda Brio bergaya drift dengan detail yang sangat tinggi. Mulai dari sisi eksterior hingga interior, tidak ada yang terlewatkan matanya.

Menurut salah satu dewan juri, Andre Mulyadi sebagai Founder dari National Modificator & Aftermarket Association, karya dari Haekal memiliki proporsionalitas dari desain yang sangat baik. Selain itu, desain modifikasi Racing dari pemenang mampu membawa nuansa baru yang sesuai dengan tema yang diangkat serta karakter Honda Brio sebagai mobil yang mudah untuk dimodifikasi.

Juara 1: Hasil karya dari Haekal yang memenangkan juara 1

Selain itu, penggarapan desain modifikasi Brio Haekal juga dibilai dibuat dengan detail pengerjaan dengan tingkat kesulitan tinggi sampai ke interiornya yang diimbangi dengan fungsionalitas setiap komponen yang disematkan secara keseluruhan.

Haekal menuturkan bahwa dirinya memerlukan waktu hingga 2 minggu untuk menyelesaikan karyanya. Baginya, hal yang rumit dari modifikasi virtual ini adalah menyesuaikan bodykit, sementara untuk urusan velg dan komponen lainnya, dianggap lebih mudah.

Juara 2: Hasil karya dari Deden yang memenangkan juara 2

Hasilnya, Haekal memenangkan hadiah pertama berupa uang tunai sebesar Rp 15.000.000. Mahasiswa semester 7 ini pun berharap pada penyelenggaraan event ini kedepannya, agar semakin banyak karya dan hasil modifikasi yang lebih baik lagi.

Sementara itu, posisi kedua dimenangkan oleh Deden Desmahikmawan yang akan mendapatkan uang tunai senilai Rp 10.000.000 dan Mochammad Rizal Riyo Widhanto sebagai juara ketiga yang akan mendapatkan uang tunai senilai Rp 7.000.000.

Juara 3: Hasil karya dari Rizal yang memenangkan juara 3

Tak hanya ketiga modifikator virtual itu, masih ada 2 kategori tambahan, pertama ‘Favorite Winner by Social Media’ yang dimenangkan oleh Muhammad Azra yang berhasil mendapatkan total dukungan terbanyak yaitu 158 dukungan dan mengungguli 19 desain lainnya yang terpilih sebagai finalis dan berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.000.000.

Kategori berikutnya adalah ‘Best Decal’ yang dimenangkan oleh Pranoyo Aditya sehingga Ia berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 5.000.000.

Social media winner: Karya dari Azra yang mendapatkan 158 dukungan

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan bahwa kompetisi modifikasi virtual ini mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi. Tidak hanya jumlah pesertanya yang meningkat, tetapi juga kualitas dari karyanya.

Selama periode kompetisi, terdapat 789 karya dari 43 kota di Indonesia yang masuk dan dinilai langsung oleh para dewan juri yang menyeleksi ketat sehingga muncullah juara-juara tersebut.