Hari yang ditunggu para pecinta mobil ramah lingkungan tampaknya telah tiba, terutama bagi pecinta dan penggemar mobil Nissan. Karena pada tanggal 2 september 2020, Nissan meluncurkan lini e-Power perdana mereka di Indonesia, yaitu Kicks.

Dengan mengundang Andre Taulany sebagai host peluncuran virtual mereka, SUV kompak dengan hero colour oranye ini pun ditunjukkan kepada masyarakat dengan latar belakang kota Jakarta.

Impresi pertama pada tampilannya terlihat memiliki DNA Nissan masa kini dengan grill V-motion-nya. Rasa modern juga ditonjolkan melalui lampu yang sudah dilengkapi LED baik di bagian depan atau belakang. Atapnya pun sudah mengusung desain floating roof.

Mobil ini pun berdiri gagah dengan ground clearance yang tinggi, yaitu 175 mm. Ketinggian tersebut pun ditopang oleh sebuah velg ring 17 yang dibalut dengan ban 205/55.

Tentunya sebagai SUV kompak, maka mobil ini harus praktis. Maka, bagasi dari Kicks e-Power dibuat selega mungkin. Nissan mengklaim bahwa barang bawaan seperti sepeda lipat akan masuk dengan mudah.

Interiornya pun juga dibuat lega dan nyaman, tampilannya juga cenderung sporty dengan dominan kulit warna hitam. Tak hanya itu, jok mobil ini juga bukan jok biasa, Nissan menyebutnya ‘Zero Gravity Seat’ yang dapat meminimalisir rasa pegal ketika berkendara.

Interior Pun modern layaknya mobil hybrid masa kini. Head unit-nya sudah bisa terhubung ke smartphone Anda dan lengkap dengan sistem perintah suara. Selain itu, headunit tersebut juga bisa menampilkan kamera 360 derajat seperti pada X-Trail.

Keselamatan pun tentunya merupakan sebuah prioritas. Selain fitur keselamatan standar. Nissan menambah 3 fitur keselamatan cerdas, yaitu Intelligent Cruise Control, Intelligent Forward Collision warning, dan Intelligent Emergency Braking.

Yang menjadi panggung dari mobil ini adalah rasa berkendara seperti mobil listrik tetapi tidak perlu mengisi daya listrik melalui colokan. Caranya? Dengan menggunakan mesin bensin 3 silinder 1.200 cc yang mirip dengan March sebagai generator listrik untuk baterai dan motor listrik sementara mobil digerakkan 100% oleh motor listrik.

Hasilnya, mobil ini senyap seperti listrik, praktis mengisi daya seperti mesin bensin. Masyarakat pun tidak perlu khawatir akan pengisian daya. Hal ini sendiri dinilai tepat di Indonesia dimana infrastruktur pengisian daya listrik masih sangat terbatas.

Motor listriknya sendiri bertenaga 129 ps. Mungkin tidak terdengar istimewa atau wah, tetapi ini mobil listrik, sehingga torsinya jauh lebih besar, yaitu 260 Nm dan tersedia dari dari putaran mesin (rpm) 0.

Sistem elektrik yang memenangkan penghargaan dunia ini sendiri memiliki beberapa kelebihan seperti torsi gas yang instan, kabin yang sangat senyap, dan efisiensi bahan bakar lebih. Nissan menyimpulkannya dengan 3 kata, yaitu Relax, Enjoyable, Fun.

Salah satu fitur menarik lainnya adalah 1 pedal driving alias mengemudi dengan 1 pedal, yaitu pedal gas. Pedal rem tidak perlu diinjak saat mode ini dinyalakan karena engine braking dari motor listrik lebih besar dari mobil bensin sehingga menjadi seperti rem otomatis.

Fitur ini sangat tepat digunakan di tengah kemacetan ibu kota. Alih-alih berpindah-pindah dari pedal gas ke rem dan kembali lagi, pengemudi cukup melepas pedal gas saja. Tapi ingat, hanya berfungsi ketika fiturnya nyala.

Harga dari semua ini? Rp 449 juta on the road DKI Jakarta, sebuah nominal yang sangat menggiurkan karena kelebihan dan fitur-fiturnya yang ditawarkan.

Dengan harga tersebut pun, Nissan sudah memasukkan berbagai program secara gratis. Program tersebut adalah Nissan Care Package dimana pembeli Kicks dapat menikmati bebas biaya servis dan suku cadang selama 4 tahun atau 50.000km.

Konsumen juga bisa menikmati garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000km. Konsumen juga tidak perlu takut akan baterai dan komponen kelistrikan lainnya karena semua itu dicover oleh garansi selama 5 tahun. Tentunya ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Nissan tidak menawarkan varian lain pada mobil ini, tetapi terdapat 4 pilihan warna yang terdiri dari 2 warna Two Tone dan 2 warna sewarna. Warna tersebut adalah Monarch Orange with Black Roof, Storm White with Black Roof, Black Star, dan Gun Metallic.

Mobil ini sendiri akan mulai diantarkan ke rumah konsumen mulai pada bulan Oktober 2020.