Menjadi pemain utama tentunya merupakan impian setiap perusahaan. Seperti PT Exxonmobil Lubricants Indonesia (EMLI) contohnya yang menargetkan untuk menjadi pemain utama dalam waktu dekat. Itulah yang disampaikan PT EMLI pada acara Virtual Media Gathering 2020 yang diadakan secara online pada 9 September 2020.

Hal itu tentunya terlihat sangat mungkin mengingat bahwa salah satu merk dari PT EMLI yaitu Federal Oil, sudah memimpin pasar pelumas untuk kendaraan roda 2 saat ini dari pertama kali hadir di Indonesia 32 tahun lalu.

Tak hanya Federal Oil, PT EMLI juga mendorong agar merk lain mereka, yaitu Mobil agar dapat memimpin pasar di Indonesia. Merk oli yang mensponsori tim F1 Red Bull ini sendiri memang terbilang baru di Indonesia. Tetapi, di dunia namanya sudah dimana-mana.

Untuk itu, PT EMLI mulai serius akan menanggapi pasarnya di Indonesia. Contohnya, mereka baru saja meresmikan pabrik di Cilegon pada Februari 2020 lalu dan mulai memindahkan produksi secara bertahap dari Jurong, Singapura ke Cilegon, Indonesia.

Selain memproduksi oli di Indonesia, PT EMLI juga mendukung banyak bisnis B2B dan B2C di Indonesia yang tidak terbatas pada sektor kendaraan roda dua dan roda empat saja, termasuk juga sektor industri yang melibatkan mesin-mesin berat.

Jumlah konsumen yang diraih PT EMLI pun tidak kecil, jumlahnya mencapai 10 juta konsumen dan lebih dari 15 ribu bengkel independen yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia.

Saat memasuki tahun 2020 yang dianggap sulit dan bahkan bisa dibilang aneh, PT EMLI justru menganggap bahwa ini adalah sebuah peluang baru karena akan banyak tren yang timbul di masyarakat dengan cepat.

Karena itu, PT EMLI pun menawarkan berbagai program seperti pelayanan servis di rumah, program berhadiah, launching produk baru, edukasi dan seminar mengenai teknologi pelumas melalui media-media digital, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna menjaga keselamatan dan keamanan berbagai pihak yang terlibat.

Selain itu, PT EMLI juga bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung masyarakat selama pandemi ini. Salah satu kerjasamanya adalah dengan layanan transportasi Grab dengan memberikan masker dan hand sanitizer ke pengemudi ojol, dan pemberian sekat untuk taksi online.

Bagi konsumen yang memiliki kendaraan, PT EMLI juga bekerja sama dengan Broom untuk layanan servis di rumah dan ganti oli di rumah sehingga konsumen bisa menservis kendaraannya tanpa pergi keluar.

Patrick Adhiatmadja selaku Head of Indonesia Lubricants Market Indonesia mengatakan bahwa PT EMLI terus berupaya dan beradaptasi dengan kebiasaan baru ini, agar dapat terus mempertahankan eksistensi di pasar otomotif Indonesia.

Upaya integrasi jaringan yang dilakukan sejak 2018 sendiri berjalan sesuai rencana, dan memberikan dampak positif bagi efektifitas dan efisiensi waktu, biaya, serta sejumlah aktivitas operasional lainnya dalam mendistribusikan produk PT EMLI ke pasar.

Kedepannya PT EMLI berharap dapat terus memperluas area, dan memperkuat jaringan pemasaran produk kami, sehingga memberikan dampak pada pertumbuhan pangsa pasar dan pencapaian perusahaan.

Selain itu, Pablo Conrad, Marketing Director dari PT EMLI mengatakan bahwa pandemi tidak menghalangi untuk terus terhubung dengan konsumen di Indonesia. PT EMLI pun terus berupaya menghadirkan program-program pemasaran dengan memaksimalkan pemanfaatan media digital, yang hasilnya dirasakan sangat positif.

Tentunya PT EMLI juga berharap dan tetap optimis akan pemulihan perekonomian global, khususnya di Indonesia.