Masa pandemi memang bisa dibilang membosankan bagi sebagian orang. Dengan berada di rumah terus, tentunya akan memberikan rasa jenuh dalam waktu cepat atau lambat.

Untuk itu, Honda memiliki ide dan inovasi dalam menggaet para gamers mobile agar memiliki permainan baru dalam smartphone mereka. Ide tersebut adalah game Honda Brio Virtual Drift Challenge.

Mengapa drifting? Mengapa tidak model balapan lain. Jawaban dari Honda sangat sederhana, Honda melihat bahwa drifting merupakan salah satu cabang motorsport yang paling ramai dan digemari oleh berbagai kalangan.

Game ini sendiri dibuat berbarengan bersama studio game mobile ternama, yaitu Gameloft. Sebut saja game yang pernah dibuat yaitu Asphalt yang memang menjadi basis utama dari game ini.

Dengan mengandalkan studio Gameloft di Jogja, maka Brio Virtual Drift Challenge ini akhirnya rampung dan sudah bisa diunduh di Playstore bagi Android pada Senin, 7 September 2020 lalu.

Platform Android sendiri dipilih karena menurut data yang ada, 90% pengguna smartphone di Indonesia berjalan dengan sistem Android sehingga marketnya jauh lebih besar.

Game ini menawarkan permainan yang seru dan memacu andrenalin. Memang game ini tidak memiliki pengendalian simulator dan sangat melawan hukum fisika. Tetapi itu sangat wajar karena tujuan Honda dalam membuat game ini adalah keseruan.

Pada game ini, tersedia 16 track, 2 mode balap, dan 2 pilihan mobil. Mobilnya tentu saja Brio RS dan Brio Satya yang bisa dipilih dalam berbagai warna. Track yang tersedia merupakan track yang sama pada game Asphalt. Hal ini diambil karena track pada game Asphalt merupakan track yang optimal untuk sistem pengendaliannya.

Sementara itu, 2 mode balap yang tersedia pada game ini adalah Campaign dan Quick Race. Pada mode Campaign Challenge, pemain akan melakukan balapan di sirkuit dengan melewati rintangan secara berkelanjutan dan akan mendapatkan poin bintang di setiap level untuk membuka sirkuit yang masih terkunci.

Sedangkan pada mode Quick Race, pemain dapat melakukan balapan di sirkuit manapun yang sudah terbuka dari mode Campaign Challenge namun tidak memperoleh bintang ataupun peringkat.

Tentunya dengan semangat “Everyone Can Race” ala Honda, Honda telah mempersiapkan sebuah acara untuk meramaikan game ini. Yaitu sebuah kompetisi dengan total hadiah cukup besar, yaitu uang tunai sebesar Rp 35.250.000.

Pada kompetisi ini,peserta akan bertanding dalam Drift Mode pada 3 periode dengan trek berbeda. Untuk menang, peserta harus mendapatkan point drift sebanyak-banyaknya atau dengan menyelesaikan balapan hingga dapat mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Periode pertama kompetisi ini akan digelar mulai tanggal 24 September 2020 sampai 7 Oktober 2020 yang digelar di track Oriental town, sementara periode kedua akan digelar pada tanggal 22 Oktober sampai 4 November 2020 yang digelar di track Snow Aftermath dan periode terakhir akan digelar pada tanggal 18 November 2020 sampai 1 Desember 2020 yang digelar di track Seaside Village.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan bahwa game mobile menjadi sebuah media yang tepat untuk menyebarkan semangat balap ke banyak orang yang sesuai dengan perubahan perilaku konsumen saat ini dimana konsumsi media digital terutama melalui perangkat mobile semakin meningkat.

Florent Vallauri sebagai Senior Managing Director Gameloft SEAP menambahkan bahwa kemitraan dengan Honda adalah contoh yang bagus tentang bagaimana mobile game dapat diubah menjadi platform aktivitas digital yang kuat.

Kolaborasi yang inovatif antara kedua tim akan menghadirkan pengalaman balapan yang seru dan menyenangkan dengan mobil Honda Brio. Pengemudi yang bersemangat dan penggemar otomotif akan dapat merasakan sensasi mengendarai mobil dan menembus batas dengan Honda dengan cara interaktif yang baru.