Siapa yang tidak mengenal Toyota Supra? Sejak kemunculannya dalam seri Fast & Furious, Supra menjadi sebuah ikon otomotif Jepang yang melegenda, apalagi karena potensial dari mesinnya yang sanggup disiksa untuk membuahkan tenaga besar.

Namun, Supra sudah dihentikan pada 2002, hingga akhirnya dikembalikan setelah 17 tahun pada 2019 dengan kemunculan Supra generasi kelima dengan kode sasis A90 yang kini dinamai Toyota GR Supra.

GR Supra pun menjadi sebuah mobil yang diminati masyarakat, termasuk Indonesia yang kebagian 12 unit saat diperkenalkan di GIIAS 2019 dimana stok selusin tersebut ludes terjual.

Mobil tersebut laku terjual karena beberapa hal selain namanya yang melegendaris. Pertama, performa ala Toyota Gazoo Racing atau GR yang mengoptimalkan performa mobil ini dengan pembagian bobot 50:50.

Selain itu, 3 aspek utama dari Gazoo Racing juga diimplementasikan disini, yaitu wheelbase, tapak, dan pusat gravitasi. Hasilnya, Supra mampu menjadi sebuah mobil yang dapat diandalkan di track.

Tetapi karena ini merupakan mobil masa milenial, berarti harus nyaman di jalanan. Karena itu, Supra hadir dengan interior yang mewah dan elegan, jauh dari plastik murah dan interior yang biasa saja.

Dengan demikian, Supra pun menjadi sebuah mobil yang sempurna bagi penggemar mobil sport dan cocok digunakan untuk berjalan santai di jalanan.

Melihat kesuksesannya, Toyota Astra Motor pun menghadirkan varian terbaru dari GR Supra berupa minor change yang bertujuan untuk menambah sensasi berkendara dari Supra.

Ubahannya tidak terlihat signifikan, sepintas terlihat ada perubahan pada kaliper rem depan yang kini lengkap dengan logo Supra. Tetapi, terdapat perubahan pada aspek lain selain visual semata.

Pertama dari sisi mesin, Supra mendapatkan dongkrakan tenaga sebesar 47 PS sehingga kini menghasilkan 387 PS dari sebelumnya 340 PS. Torsinya pun berada di angka 500 Nm yang sangat cukup untuk mendecitkan ban belakang Supra ini.

Untuk mengendalikan tenaga tersebut, disematkan sebuah strut bar pada suspensi depan yang terletak di balik kap mesin untuk menjaga rigiditas sasis. Hasilnya, Supra kini lebih stabil pada kecepatan tinggi.

Pada kabin, kini terdapat fitur wireless charging untuk memenuhi kebutuhan smartphone masyarakat milenial. Hal ini juga menambah teknologi maju dari mobil ini.

Kali ini, Supra juga ditawarkan dengan varian Special Edition. Pada varian Khusus ini,  Supra dilengkapi beberapa ubahan seperti warna eksterior Horizon Blue, velg 19” berwarna hitam matte, dan kursi hitam alcantara yang memiliki jahitan biru lengkap dengan Blue Perforation Underlay.

“Sejak kami perkenalkan tahun lalu, kami bersyukur GR Supra mendapatkan antusiasme yang sangat besar dari masyarakat Indonesia. Melalui New GR Supra ini, kami  ingin  menegaskan komitmen untuk senantiasa melakukan improvement dalam menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi, sejalan dengan semangat Toyota dalam mewujudkan Ever–Betters Cars bagi para pelanggannya,” ucap Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto.