Motor sport eksotik biasanya selalu dikaitkan dengan beberapa hal seperti besar dan cepat. Rasanya, jarang sekali mendengar istilah “moge” yang kompak. Tetapi, Ducati menganggap hal itu tidak selalu benar dengan Multistrada V4 terbaru mereka yang baru saja dirilis.

Tak hanya motor sport, Ducati ingin motor ini tidak menjadi sebuah motor sport biasa. Untuk itu, motor ini tetap mempertahankan DNA “Four Bikes in One” yang memang diperkenalkan di Multistrada sejak tahun 2010.

4 “motor” tersebut adalah “Sport” yang direpresentasikan oleh mesin berkonfigurasi V4 1.158cc dengan tenaga 170 Hp serta torsi 125 Nm dan sasis yang didesain untuk pengendalian maksimal. Selain itu, terdapat bantuan elektronik seperti ABS Cornering, Ducati Wheelie Control (DWC), Ducati Traction Control (DTC), Vehicle Hold Control (VHC), Ducati Skyhook Suspension (DSS) dengan sistem auto leveling.

“Motor” berikutnya dari Multistrada adalah “Touring” dimana motor ini didesain untuk melakukan servis setiap 60.000 Km. Sehingga ketika berjalan jauh, tidak perlu pusing memikirkan servis dan perawatan berkala.

Sasisnya juga disempurnakan untuk touring agar tetap nyaman. Bahkan, motor ini memiliki radar yang berfungsi sebagai Adaptive Cruise Control yang mencegah lelah dan Blind Spot Monitoring untuk mencegah kecelakaan pada tipe tertentu.

Selain itu, semua informasi ketika berkendara ditampilkan di sebuah layar 6.5 inci TFT yang bisa terhubung langsung ke smartphone dan mirroring dengan sistem Ducati Connect yang tersedia pada versi V4 S.

Selanjutnya, motor ini juga dinilai memiliki kemampuan “Enduro” karena kemampuan offroadnya. Berkat suspensi Ducati Skyhook Suspension yang sudah dibantu dengan sistem elektronik seperti auto leveling, mempermudah pengendaraan offroad dan menambah kapabilitas offroad.

Untuk mendukung kemampuan offroadnya juga, tenaga dibuat disalurkan secara halus dan rasio gigi straight cut diatur pada rasio 1.8:1 agar mesinnya bisa beroperasi pada rpm optimal.

Terakhir, karena motor masa kini tidak hanya digunakan untuk berkendara namun juga sering digunakan untuk bersantai dan bergaya di perkotaan. Maka motor ini juga memiliki jati diri “Urban”.

Nilai urban tersebut seperti pengendalian yang dibuat nyaman dan enak bermanuver pada kecepatan rendah pada saat di perkotaan. Dengan sistem entertainmentnya itu juga, motor ini menjadi sangat modern dan tidak seperti motor biasanya.

Multistrada pun menjadi sebuah motor yang sangat unik dengan DNA nya tersebut. Motor ini sendiri aslinya sudah beredar sejak tahun 2003. Namun, saat itu DNA nya tidak seperti sekarang karena hanya difokuskan pada pengendaraan dan kenikmatan di jalan raya.

Barulah pada tahun 2010, Ducati memperkenalkan DNA tersebut yang menambah kenyaman dan kemampuan offroad bagi pengendara maupun penumpangnya. Pada tahun 2015, terdapat penambahan berupa mesin dengan katup variabel yang menyempurnakan respon gas.

Multistrada V4 ini pun dinilai Ducati menjadi sebuah motor yang sangat unggul dalam segala bidang. Ducati pun sangat yakin akan kemampuan motornya sampai memberikan garansi 4 tahun tanpa batasan jarak tempuh di Eropa dengan program “4Ever Multistrada”.