Mendengar Ducati rasanya langsung terbayang sebuah sepeda motor eksklusif buatan Italia dengan performa khasnya. Derungan mesin dan eksklusifitasnya pasti diinginkan semua orang. Jika memiliki uang, Ducati mungkin salah satu motor yang bisa dipilih. Kini, Ducati menawarkan pilihan lagi pada lini Xdiavel-nya.

Untuk tahun 2021, Xdiavel akan dipasarkan dalam 2 tipe, yaitu Xdiavel Dark dan Xdiavel Black Star.

Yang membedakan kedua motor ini dari Xdiavel lainnya adalah cat yang dikenakan pada motor ini. Kedua motor ini menggunakan cat ber finish matte pada bagian tangkinya. Cat model ini sebelumnya pertama kali hadir pada tahun 1998 pada Ducati Monster 600 Dark.

Pada varian dark, motor ini seluruhnya menggunakan cat matte di tangkinya, memberikan kesan stealth dan tersembunyi.

XDiavel Black Star

Pada varian ini, Black Star pun menjadi varian tertinggi dan terlengkap. Bagaimanakah spesifikasinya secara umum? Mari kita bahas.

Pada versi Black Star, terdapat aksen yang lebih ramai dibandingkan versi Dark yang polos. Terdapat aksen merah pada beberapa bagian terutama pada tangki dimana garis merah tersebut menjadi pemisah antara bagian matte dan gloss, memberikan kontras yang kuat.

Selain itu, velg yang digunakan sudah dibuat dengan teknik forged yang membuat velgnya lebih kuat dan ringan. Bahkan Ducati mengklaim velg ini mengurangi bobot lebih dari 2kg. Memang tidak banyak, namun cukup signifikan pada motor.

Velg depan menggunakan ukuran 17” dengan lebar 3,5” yang dibalut oleh ban 120/70 ZR17 dengan ban yang didesain khusus untuk permukaan jalan basah. Sementara pada bagian belakang, menggunakan ukuran 17” dengan lebar 8” yang dibalut oleh ban 240/45 R17. Bannya sendiri adalah Pirelli Diablo Rosso III.

XDiavel Dark

Sementara itu bagi yang menginginkan bodi dengan cat gloss, tersedia Xdiavel S yang serupa namun catnya gloss.

Untuk mesin, Xdiavel menggunakan mesin yang sama, yaitu twin-cylinder Ducati Testastretta DVT 1262 Euro 5 dengan tenaga 160 hp pada 9.500 rpm dan torsi maksimal 13.0 kgm pada 5.000 rpm.

Xdiavel pun sudah dilengkapi dengan Bosch Inertial Measurement Unit (IMU) yang mengukur berbagai aspek berkendara seperti kemiringan dan sudut. Sistem ini juga membaca berdasarkan kecepatan sehingga bisa mengatur sistem rem ABS untuk bekerja sesuai dengan gaya cornering. Sistem ABS ini disebut Bosch Cornering ABS.

Selain itu, seluruh Xdiavel sudah dilengkapi dengan teknologi termutakhir seperti Ducati Traction Control (DTC), Riding Modes, Cruise Control, dan Ducati Power Launch (DPL) untuk mengedepankan rasa berkendara yang maksimal dan tentunya keselamatan.

Dengan resep ini, Xdiavel pun dinilai Ducati sebagai sebuah motor yang bisa diajak berjalan santai di perkotaan dan diajak ngebut saat diinginkan.