Memasuki akhir tahun 2020, kondisi industri otomotif kian membaik, ekonomi mulai berjalan dan tidak terhambat karena orang-orang seakan-akan sudah terbiasa dengan masa pandemi di era new normal.

Hal demikian terjadi pada Honda dimana berdasarkan data dealer seluruh Indonesia dimana penjualan mobil Honda terus menunjukkan pertumbuhan yang positif dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Pada bulan Oktober lalu, Honda membukukan penjualan sebanyak 6.561 unit secara retail nasional, atau meningkat 12% dibanding penjualan bulan sebelumnya.

Peningkatan penjualan Honda terbesar terjadi di area Jawa Tengah yang meningkat 17%, disusul oleh Main Dealer area Jawa Barat sebesar 13%, area luar Pulau Jawa juga sebesar 13%, area Jabodetabek sebesar 10% dan area Jawa Timur sebesar 8%.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Pertumbuhan penjualan kami saat ini tidak lepas dari kontribusi seluruh dealer Honda di Indonesia yang telah melakukan berbagai aktivitas untuk terus menjangkau konsumen di wilayahnya masing-masing. Untuk menanggapi kebutuhan dan kebiasaan baru konsumen, dealer-dealer kami menyesuaikan aktivitas dan operasional mereka dengan memanfaatkan jalur digital serta menawarkan program yang memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian.”

Lagi-lagi, dalang dari suksesnya Honda di Indonesia adalah Brio Satya dan Brio RS yang menyumbangkan kontribusi sebesar 61% untuk Honda dengan penjualan sebesar 4.013 unit.

Honda Brio Satya menjadi model dengan penjualan tertinggi bagi Honda dengan total 2.978 unit, meningkat 19% dibanding bulan sebelumnya yang terjual sebanyak 2.507 unit. Sementara itu, Honda Brio RS berhasil mengumpulkan penjualan total sebesar 1.035 unit.

Selain itu, model Honda lainnya seperti Honda HR-V 1.5L terjual sebanyak 812 unit, meningkat 5% dari bulan sebelumnya. Honda Mobilio juga membukukan penjualan total sebesar 535 unit, meningkat 2% dari bulan sebelumnya.

Honda Jazz terjual 502 unit, meningkat 53% dari bulan sebelumnya. Honda CR-V terjual sebanyak 353 unit, meningkat 40% dibanding dengan bulan sebelumnya. Honda HR-V 1.8L terjual sebanyak 41 unit, dan Honda Accord terjual sebanyak 24 unit.

Honda BR-V menyumbangkan penjualan 155 unit, Honda Civic Hatchback terjual sebanyak 65 unit, Honda Civic Sedan terjual sebanyak 35 unit, Honda City terjual sebanyak 18 unit dan Honda Odyssey terjual sebanyak 8 unit.

Selain melaporkan penjualan yang meningkat, Honda juga melaporkan menyelenggarakan program “Sehat Bersama Honda”.

Pada program ini, konsumen yang melakukan pembelian Honda Mobilio, Honda BR-V dan New Honda HR-V, akan mendapatkan Healthy Reward berupa voucher sport utilities hingga Rp. 10 juta (syarat & ketentuan berlaku) hanya dengan berpartisipasi di program ini. Program ini berlangsung hingga Desember 2020.

Untuk pembelian di periode ini, konsumen juga akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun) khusus untuk pembelian Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda CR-V, dan Honda Jazz.

Sementara khusus bagi konsumen loyalis, pekerja medis, dan pelajar / mahasiswa / tenaga pengajar yang melakukan pembelian Honda Brio & Honda HR-V juga akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun).

Tersedia pula Honda Healthy Package hingga Rp 10 juta untuk setiap pembelian online mobil Honda Brio, Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda City, Honda Civic Hatchback, Honda Civic Sedan Honda Accord dan Honda Odyssey.

Sementara untuk pembelian Honda HR-V, Honda City, Honda Civic Hatchback, Honda Civic Sedan Honda Accord dan Honda Odyssey, tersedia juga Special Leasing Program berupa bunga 0% selama 1 tahun.

Honda juga memberikan kemudahan kepada perusahaan atau karyawan yang menggunakan fasilitas Car Ownership Program (COP) yang ingin melakukan pembelian, akan mendapatkan Fleet Sales Package hingga Rp 15 juta.

Tentunya, seluruh promo tersebut sangatlah menarik, apalagi di momentum akhir tahun ini, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku tentunya.