Performa pada track mungkin menjadi prioritas beberapa orang dalam membeli motor. Hal ini sangatlah penting karena tracklah tempat sejatinya kita untuk menggeber motor pada batas maksimalnya.

Untuk itu, diperlukanlah motor yang bisa dibawa jalan menuju track dan berperforma maksimal saat berada di dalam track. Seperti Panigale V4 SP atau Sport Production.

Motor ini memang tidak terlihat berbeda jauh dari V4 biasa. Tetapi, karena beberapa komponen yang berubah, maka V4 SP lebih ringan 1 kg dari varian lainnya. Total bobot motor 1.301cc ini adalah 173kg.

Agar tidak terlihat biasa saja, V4 SP dilengkapi oleh livery dengan konsep “Winter Test” yang terinspirasi dari motor Corse Ducati pada masa pengetesan sebelum MotoGP dan kejuaraan SBK.

Fairing, velg karbon, dan wing yang dilaburi warna matte black memberikan kontras yang terasa dibandingkan dengan warna merah motor tersebut dengan aksen brushed alumunium pada tangkinya.

Selain itu, velg yang digunakan memiliki desain serupa dengan superleggera V4 dengan 5 palang yang ditumpangi oleh kaliper Brembo Stylema lengkap dengan sistem Multiple Click System atau MCS.

Rem brembo tersebut akan memberikan performa yang konsisten di track dan dengan sedikit pengaturan, pengendara bisa merubah rasa remnya agar sesuai dengan karakter pengendara.

Bicara tentang velg, velg carbon fiber ini lebih ringan 1.4 kg dari velg forged alumunium sehingga mengurangi inersia saat berputar agar lebih lincah.

Selain itu, mesin Desmosedici Stradale pada tipe SP sudah dilengkapi dengan kopling kering untuk lebih maksimal dalam track. Final gear yang berbeda juga dikawinkan dengan rantai bersudut 520 yang lebih ringan dari versi biasa.

Untuk kelengkapan, Panigale V4 SP sudah dilengkapi dengan adjustable rider footpegs berbahan billet alumunium yang memperbolehkan pengendara untuk mendapatkan posisi optimalnya.

Aksesoris yang tersemat juga disiapkan untuk trackday seperti cover kopling karbon yang bisa dibuka dan penutup untuk melepas plat nomor, holder, dan spion.

Agar semakin kuat konsep trackdaynya, Panigale V4 SP sudah dilengkapi oleh Ducati Data Analyzer atau DDA+ yang merupakan alat telemetri dengan modul GPS yang bisa memonitor performa di track.Dengan semua fiturnya, maka Panigale V4 SP bisa menjadi sebuah motor yang sangat cepat dan menyenangkan di track dan tetap ramah dikendarai.