Setiap tahun, rasanya pasti kurang afdol kalau belum mengunjungi pameran otomotif besar tahunan seperti GIIAS yang biasanya dilaksanakan di ICE BSD. Tetapi, karena pandemi ini, maka GIIAS 2020 pun harus dibatalkan.

Padahal, acara pameran semacam GIIAS sangat mendorong industri otomotif. Banyak transaksi yang terjadi mulai dari pembelian kendaraan hingga aksesoris yang tentunya memajukan ekonomi.

Untuk itu, GIIAS pun menggandeng Seven Event untuk mendorong industri otomotif dengan cara berbeda, yaitu melalui sebuah aplikasi yang dinamai GIIAS Auto360.

GIIAS Auto360 merupakan sebuah aplikasi digital khusus untuk industri otomotif Indonesia. Tujuan utama aplikasi ini adalah agar seluruh masyarakat Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses, menjual, hingga membeli berbagai kebutuhan otomotifnya dengan mudah, aman, dan nyaman.

Ketua umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi mengatakan bahwa GIIAS Auto360 diharapkan akan memberikan solusi baru bagi seluruh industri otomotif.

“Dengan dibangunnya aplikasi digital khusus untuk industri otomotif Indonesia diharapkan akan menjadi kendaraan baru bagi pemain industri untuk menggapai konsumen, dan tentu diharapkan akan memberikan yang terbaru dari industri otomotif untuk masyarakat,” jelas Yohannes.

Aplikasi ini sendiri diklaim menjadi sebuah aplikasi yang bisa memenuhi segala kebutuhan otomotif. Mengapa? Karena aplikasi ini menggabungkan 3 fitur utama dalam 1 aplikasi.

Ketiga fitur tersebut adalah pameran otomotif digital, marketplace dan news industry update.

Detail dari ketiga fitur tersebut memang belum diberikan karena saat ini, aplikasi tersebut sedang dalam tahap persiapan untuk para merchant, misalnya pendaftaran merchant ke aplikasi ini.

“Saat ini proses pendaftaran merchant sedang berlangsung, dan terbuka bagi perusahan otomotif yang ingin bergabung, untuk membuka peluang baru. Agar maksimal, aplikasi GIIAS Auto360 juga masih dalam proses penyempurnaan untuk memenuhi semua kebutuhan otomotif publik pada satu bulan menjelang pelaksanaan GIIAS 2021,” papar Agus Riyadi, Project Director Seven Event, yang ditunjuk GAIKINDO sebagai pelaksana dalam penyelenggaraan pameran dan aplikasi digital GIIAS Auto360.

Tetapi, salah satu fitur utama yang dijanjikan adalah fitur untuk memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai macam info mengenai pameran otomotif yang diselenggarakan oleh GAIKINDO.

Hanya dengan mengunduh aplikasi atau membuka website, masyarakat dapat cari tahu tentang update dan fasilitas pameran.

Tidak hanya itu saja, pembelian tiket pameran, pendaftaran test drive dan test ride, mengikuti talkshow, seminar dan acara lainnya juga bisa dilakukan dalam aplikasi ini.

Aplikasi ini tidak hanya melayani urusan permobilan. Selain mobil, GIIAS Auto360 juga akan menawarkan berbagai variasi bus dan truk, variasi motor, serta aftermarket yang lengkap, mulai dari aksesoris mobil, dan aksesoris motor dan hampir seluruh kebutuhan produk dan jasa otomotif.

Jadi bisa dipastikan bahwa Auto360 akan memudahkan penggunanya untuk mencari kebutuhan otomotif. GIIAS Auto360 juga dipastikan akan dapat menjangkau seluruh Indonesia dengan dukungan dari perusahaan logistik terbaik.

Menurut Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO, GIIAS Auto360 hadir sebagai upaya beradaptasi pada kondisi terkini, serta mengantisipasi kebutuhan peserta pameran GIIAS yang semakin berkembang.

“Sebagai upaya bangkit, GAIKINDO memperkenalkan inovasi terbaru, yakni sebuah aplikasi digital yang dapat memberikan solusi optimal dalam memenuhi semua kebutuhan produk dan jasa otomotif masyarakat Indonesia,” ungkap Rizwan.

Rizwan menerangkan bahwa GIIAS Auto360 akan hadir dan dapat diakses publik pada Juli 2021, dan akan membawa pameran otomotif hadir langsung dalam genggaman masyarakat, memenuhi semua kebutuhan otomotif mereka kapan saja dimana saja.