Model belimbingnya sangar ya?
Model yang sejak lama menjadi buruan kolektor velg. Tapi oleh karena adanya “batasan period correct”, model tersebut sebatas diterapkan pada retro car. Namun sebenarnya banyak yang ingin lebih retrofit atau modernisasi pada model tersebut.
RS Watanabe dan Enkei Compe, ingat?
Yang tau-tau aja sih kayaknya yang paham.
Punya kesan stunning vintage look yang menonjol. Apalagi RS Watanabe terbilang paling agresif, dengan tampilan deep dish dan offset rendah agar sesuai dengan mobil RWD lama.
Persoalannya banyak untuk diterapkan. Ukurannya tak mengakomodir mobil masa kini. Bukan cuma diameter dan dimensi detail, namun juga terkait posisi remnya, luas dan isi fender, kekuatan material, dan ketika masuk ke aspek estetika, keselarasan pada kontur mobil modern menjadi key point.
Jadi apa solusinya?
Tengoklah brand velg modern.
Pada 997 Turbo ini, dipasangi velg Rotiform MLW.
Patut diketahui, Rotiform dapat membuat diameter 14 hingga 24 inci. Sedangkan lebar minimum 6 inci sampai maksimal 16 inci. Konstruksi? Warna? Tampilan rivets? Silakan dicustom sesuai suasana hati.
Berbekal segala kemudahan itu, maka dipilihlah dimensi 19x(9+12) inci. Finishing matte bronze. Dengan rivets black gloss yang berjumlah 40.
Bentuk batangnya pun dibikin lebih ramping.
Walau ada dopnya, tapi tidak dipasang. Agar kesannya makin urakan, outlaw dan anti mainstream.
Ngomong-ngomong soal outlaw. Kalau bikin gaya outlaw, velgnya lebih sip celong, terutama yang belakang. Definisi outlaw adalah memodifikasi secukupnya, dengan tetap mempertahankan komponen bodi/kabin yang asli.
Asyiknya, 997 Turbo punya fender gendut kayak kodok. Mudah banget memaksimalkan fitment secelong mungkin. Tapi bagaimana caranya mau bikin outlaw style di seri 997 dimana mobilnya sudah berkesan modern? Dan Mr. ER ogak wide body, misalnya seperti RWB Porsche 993/964. Akhirnya, velg celong dimaksimalin, fitmetn diatur agar tight and upright. Ketebalan bibir belakang itu sampai 3.5 inci murni.
Kemudian DeepEnd juga mengejar dengan pertanyaan, “Mengapa enggak sampai 13 inci?” Ternyata Mr. ER sebagai car owner, maunya meaty. Sidewall yang gemuk-gemuk gitu.
Sport Cup 2 mendukung konsep tersebut. Nampak bagus di gaya outlaw: gendut! Ban soft compound ini pun tak punya bantalan dan tak ada rim protector. Itulah yang membuatnya menjadi bulat.
Namun di depan tak bisa berbuat banyak. Porsche mengeluarkan kalipernya yang nonjok gede keluar. Sehingga untuk bikin clearance pada kaliper tak bisa maksimal. Sebab, suka atau tidak dia akan memakan kecelongan. Fine tuning velf depan, paling celong cukup 2 inci. Menarik diperhatikan lebih jeli, walau 2 inci, MLW bisa menutupi kondisi itu. Coba deh dizoom batang spoke dengan kaliper, celahnya di rentang 5 mm. Sehingga bibirnya ditambah sedikit lebih tebal supaya kelihatan celong juga depannya.
Workshop:
Antelope Ban @antelopeban
Data Mods:
Rotiform wheels MLW 19x(9+12) inches, Michelin tyres Pilot Sport Cup 2 245/35ZR19 & 325/30ZR19, Eibach sport spring, IPE catless header F1