Pada bulan Februari lalu, Honda baru saja merilis 3 mobil di Indonesia. Jujur, kami sempat mengira bahwa salah satu mobil tersebut merupakan Honda City Hatchback. Rupanya, Honda sedikit mengulur waktu dalam meluncurkan Honda City Hatchback yang disebut-sebut menggantikan Jazz.

Benar saja, pada 3 Maret 2021, Honda resmi merilis Honda City Hatchback yang hanya tersedia dalam 1 tipe saja, yaitu RS aau Road Sailing. Hal ini juga menjadi penanda resmi bahwa nama Jazz yang sudah harum sejak 2004 harus pergi meninggalkan kita.

Ya sudah, kita harus move on dan menerima penggantinya, yaitu Honda City Hatchback RS ini yang rupanya sangat menarik, bahkan bisa dibilang jauh lebih baik dari Jazz sebelumnya.

Pertama-tama, desainnya sangatlah sporty dan tajam. Lampu depannya juga sudah full LED sampai ke foglampnya, Honda benar-benar ingin tampil maksimal dengan mobil ini.

Agar terlihat sporti, aksen hitam ditabur di beberapa bagian seperti velg 16 incinya yang berwarna hitam, spion, dan antena shark finnya.

Mesinnya rupanya berbeda dengan Jazz sebelum-sebelumnya. Jika Jazz dulu selalu menggunakan mesin 1.500cc SOHC. City Hatchback RS hadir dengan mesin 1.500cc DOHC dengan tenaga 121 Ps dan torsi 145 Nm.

Angka tersebut memang terlihat sama dengan Jazz, tetapi Honda menjanjikan mesin yang lebih halus, torsi puncak pada 300 rpm lebih rendah dari Jazz GK5, serta lebih irit dan efisien sebesar 3%.

Lanjut, transmisi otomatisnya menggunakan CVT seperti Honda-Honda masa kini. Jika mau manual, ini sangat menarik, transmisi manualnya 6 speed! Wow, ini adalah hal yang sangat jarang. Tampaknya Honda benar-benar mengerti kalau orang yang memilih mobil ini dalam transmisi manual benar-benar mau menyetir dengan sporti, jadi transmisinya pun tidak nanggung-nanggung.

Tapi transmisi automaticnya tetap bisa sporti kok, karena CVT nya bisa dikontrol melalui paddle shifter yang ada di balik kemudi.

Mengetahui mobil ini akan digunakan anak muda, tentunya infotainment harus maksimal. Hadirlah sebuah layar infotainment 8 inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone. Lalu, speakernya ada 8 buah, sebuah angka yang fantastis mengingat kelas dan ukuran mobil ini.

Fiturnya pun juga berlimpah, salah satunya adalah remote engine start seperti pada Honda CR-V. Karena fitur ini juga akan mengaktifkan AC saat mesin dinyalakan via remote, AC City Hatchback RS pun sudah otomatis.

Karena mobil ini juga menggunakan remote modern, smart entry system pun turut disematkan agar masuk mobil semakin mudah.

Untuk safety, disematkan 6 buah airbag kalau sampai terjadi kecelakaan. Untuk mencegahnya, ada fitur pembantu pengereman seperti ABS, EBD, BA.

Selain itu, masih di sektor rem, ada sistem Brake Override dimana ketika pedal gas dan rem diinjak, maka rem akan diutamakan sehingga tidak terjadi akselerasi yang tidak diinginkan.

Selain itu, Hill Start Assist juga hadir dalam mobil ini, mempermudah start di jalanan menanjak.

Ketika berbelok juga dibantu oleh Vehicle Stability Assist sehingga efek oversteer dapat dicegah.

Mau parkir? Tidaklah sulit. Selain 4 buah sensor parkir di belakang, ada kamera parkir multi angle agar melihat parkiran semakin mudah karena tersedia 3 sudut.

Mobil ini sekarang sudah tersedia dan bisa dipesan melalui dealer dealer Honda di Indonesia dengan 6 pilihan warna, diantaranya Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan varian warna terbaru adalah Meteoroid Gray Metallic.

Sayangnya, Honda belum merilis harga resmi dari City Hatchback. Tetapi, mereka berjanji akan mengumumkannya dalam waktu dekat, mendekati pengantaran mobil pada bulan April 2021.