Supir truk merupakan suatu pekerjaan yang jasanya besar namun seringkali dianggap sebelah mata. Tanpa mereka, roda perekonomian bisa saja berhenti karena tidak ada pengiriman barang yang berjalan misalnya.

Sebagai salah satu produsen truk di dunia, Astra UD Trucks menilai bahwa mereka juga wajib dipedulikan atas jasa mereka dan atas perjuangan mereka, apalagi di masa pandemi seperti ini dimana mereka harus bepergian demi kelangsungan hidup.

Wujud kepedulian Astra UD Trucks adalah dengan memberi sedikit insentif berupa masker, vitamin, dan peralatan dasar menghadapi pandemi serta membagikan tips aman berkendara bagi pengemudi truk logistik di jalan dalam bentuk flyer kepada pengemudi truk Quester, Kuzer dan Nissan Diesel.

Ya, meskipun UD Trucks sudah meninggalkan nama Nissan Diesel sejak tahun 2010, tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar sejarah UD Trucks terjadi dengan nama Nissan Diesel sejak tahun 1960 sehingga truk ini akan selalu menjadi bagian kegiatan dari Astra UD Trucks.

Bapak Winarto Martono, CEO Astra UD Trucks berkata, “Astra UD Trucks sungguh memahami bahwa pengemudi itu memegang kendali penting dalam perekonomian bangsa, dan dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri di era pandemi kali ini, Astra UD Trucks ingin memberikan apresiasi spesial bagi mereka yang melakukan pekerjaan yang sangat mulia.”

Hal ini sependapat dengan keterangan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo yang mengatakan bahwa pengemudi merupakan sebuah profesi yang mulia.

Faktor tersebut juga lah yang membuat UD Trucks berinisiatif untuk mengadakan aksi ‘Peduli Pengemudi’ bagi 1000 pengemudi yang dimulai dari Gerbang Tol Cikupa arah Merak dan terus berlanjut hingga menyambut Idul Fitri.

Kini, sudah ada ratusan pengemudi yang mendapatkan bagian dari aksi tersebut yang dijalankan UD Trucks bersama dengan Astra Infra.