Manthey-Racing, sebuah tim yang erat dengan Porsche ternyata sudah berusia cukup lama. Tahun ini, Manthey-Racing yang didirikan oleh pembalap Olaf Manthey telah berusia 25 tahun. Tepatnya, tim ini didirikan pada tahun 1996.

Tidak berhenti sebagai tim yang memiliki hubungan baik, Manthey-Racing sebenarnya sudah menjadi mitra Porsche. Pada tahun 2013, Porsche AG mengkonsolidasikan kolaborasi yang sukses dengan 51 persen saham mayoritas dan sejak itu secara sistematis mengembangkannya.

“Manthey-Racing telah menjadi mitra penting bagi Porsche sejak pakaian balap tersebut didirikan pada tahun 1996. Kami telah mencapai banyak hal dalam olahraga motor bersama-sama, kami telah memenangkan banyak balapan dan gelar,” kata Fritz Enzinger, Wakil Presiden Porsche Motorsport. “Antusiasme dan profesionalisme kru Meuspath menjadi dasar untuk ini. Kedua perusahaan telah berafiliasi erat sejak 2013 dan telah memperluas kerja sama mereka dengan mencakup banyak bidang bisnis lainnya. Untuk ini, saya ingin mengucapkan terima kasih dan mengucapkan selamat kepada firma Manthey atas hari jadinya yang ke-25!”

Kini, Manthey-Racing mempekerjakan sekitar 200 orang. Di antara aktivitas lainnya, mereka bertanggung jawab untuk menjalankan Porsche 911 RSR dari skuad pabrik di FIA World Endurance Championship (WEC) serta 911 GT3 R “Grello” di Nürburgring Endurance Series (NLS) dan di 24- balapan jam di sirkuit bertingkat di wilayah Eifel Jerman.

“Ketika saya mendirikan Manthey-Racing pada tahun 1996, saya tidak dapat membayangkan bagaimana perusahaan ini akan berkembang. Berkat komitmen besar dari semua orang yang terlibat dan dedikasinya terhadap presisi, yang menjadi andalan dalam balap motor, kami berhasil meyakinkan Porsche akan kompetensi kami. Sekarang, pabrikan mobil sport itu bahkan menguasai mayoritas saham Manthey-Racing dan itu membuat saya bangga, ”tegas Olaf Manthey.

“Keputusan untuk menyerahkan bisnis ke tangan Nicki dan Martin Raeder pada tahun 2013 juga ternyata tepat: Mereka akan terus menjalankan perusahaan dengan cara yang sama seperti yang saya inginkan – profesional namun bersahaja dan dengan hati dan jiwa. Saya berharap dapat secara aktif mendukung perkembangan Manthey-Racing dari side-lines di masa depan juga,” tambahnya.

Manthey sendiri sebenarnya sudah harum di dunia motorsport, bahkan sebelum Ia membentuk tim balapnya. Ia sudah berkiprah di dunia balap motor.

Lalu, pada tahun 1990 di usia 35 tahun, Ia berbalap di balik kemudi sebuah Porsche 911 dan jatuh cinta akan performa mobil bermesin belakang tersebut.

Pada musim yang sama, ia menjadi juara pertama dalam sejarah Piala Porsche Carrera. Itu adalah gelar pertama dan satu-satunya dalam karir balap aktif dari wakil juara DTM dua kali.

Setelah memenangkan 22 balap kejuaraan jarak jauh di Nürburgring, Manthey memenuhi impian yang telah lama dipegangnya dan menangani Porsche Supercup dengan skuad balap barunya di tahun 1996.

Tahun pertama dibentuknya tim ini, mereka mencetak tempat keempat dalam klasifikasi tim di kejuaraan sebagai dukungan untuk acara Formula 1.

Lalu pada tahun 1997, tim ini memulai rentetan kemenangan berturut-turut yang tidak bisa dibandingkan dalam seri one-make cup hingga hari ini.

Pada tahun 1999, Manthey-Racing terjun perdana di Balapan 24 jam Le Mans dengan Porsche 911 GT3 R generasi 996 dan segera memenangkan kelas GT.

Setahun kemudian, tim ini pindah dari Rheinbreitbach ke Meuspath dekat Nürburgring. Tidak butuh waktu lama bagi pabrikan mobil sport dan pakaian balap untuk semakin dekat.

Pada tahun 2006, Porsche Motorsport menyerahkan operasi Tim Junior Porsche UPS kepada Manthey-Racing. Di musim yang sama, skuad Eifel menurunkan Porsche 911 GT3 RSR baru untuk pertama kalinya bersama Porsche Motorsport. Dengan sukses, dimulainya balapan 24 jam di Spa-Francorchamps langsung menghasilkan kemenangan kelas.

Tetapi bukan berarti perjalanan tim ini tidak memiliki rintangan. Pada tahun 2010, mereka nyaris menyebabkan sensasi lain dengan 911 GT3 R Hybrid, yang dikampanyekan oleh Manthey untuk Porsche Motorsport. Mereka memimpin balapan 24 jam dalam waktu yang lama hanya untuk pensiun sesaat sebelum bendera dengan pegas katup yang rusak.

Manthey-Racing sendiri telah mendukung acara pabrikan Porsche GT di World Endurance Championship sejak 2013 dan memastikan kemenangan kelas lainnya di Le Mans pada tahun debut 911 RSR.

Pada 2015, kemitraan ini memenangkan semua gelar kejuaraan dunia dalam kategori GTE-Pro – serta dalam “musim super” 2018/2019, termasuk kemenangan Le Mans ketiga sebagai bagian dari hasil satu-dua.

Kini, Manthey-Racing juga memiliki beberapa proyek sendiri, misalnya Cayman GT4 Trophy oleh Manthey-Racing di Nürburgring Endurance Series (NLS) serta pengembangan paket “MR” untuk model balap dan produksi seri Porsche GT. 515 kW (700 hp) 911 GT2 RS yang membuatnya menjadi sports car legal di jalan raya yang spesial karena kit performa khusus yang dikembangkan Manthey-Racing.

Dengan test driver Lars Kern di belakang kemudi, pada Oktober 2018, versi MR memutari Nordschleife dalam waktu 6: 40,3 menit. Manthey-Racing sekarang menawarkan paket MR untuk banyak model GT Porsche.

“Kami dengan senang hati melanjutkan filosofi Olaf Manthey setelah kedua perusahaan kami bergabung karena itu sesuai dengan pemikiran kami di Raeder Motorsport,” kata Nicolas Raeder, direktur pelaksana dan salah satu pemilik Manthey-Racing.

“Dengan Porsche sebagai mitra dan pemegang saham, perusahaan kami telah berkembang dengan sangat cepat. Dan kami ingin terus berkembang di masa depan dan membangun pengetahuan yang telah kami capai dalam olahraga motor – dengan menyediakan layanan untuk pengemudi pribadi, di acara atau dalam pengembangan balap dan mobil sport jalanan. Dengan karyawan kami yang berdedikasi, kami tidak sabar untuk menghadapi 25 tahun ke depan dalam kisah yang kuat dari Manthey-Racing,” tutupnya.