Tidak terasa kita sudah berada di bulan April 2021, cepat sekali rasanya tahun ini berlalu. Bahkan, bulan ramadhan sudah tiba, dimana Umat Islam kembali menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

 

Tentunya ini bukanlah perkara yang mudah, badan harus bisa beradaptasi dengan kondisi tersebut. Apalagi ketika berkendara dimana pengemudi diharuskan untuk terus fokus dalam mengemudikan kendaraannya.

 

Untuk itu, agar tetap aman dan nyaman, Suzuki Indonesia memberikan kiat-kiat berkendara pada saat berpuasa. Berikut kita-kiatnya:

 

  1. Persiapan Sebelum Berkendara

Siapkan apa yang dibutuhkan saat berkendara, hitung juga perkiraan durasi berkendara, apalagi kalau berkendara dalam jarak jauh atau berkendara lama karena melewati macet. Misalnya ketika kembali dari kantor mendekati maghrib dan terkena macet, ada baiknya membawa bekal di mobil agar bisa berbuka di jalan. Selain itu, sebaiknya cari tempat aman untuk bisa berhenti sejenak untuk berbuka.

 

  1. Hindari Hal-hal yang Menyebabkan Kantuk

Puasa terkadang bisa menyebabkan kantuk, untuk itu cegah rasa kantuk dengan beberapa cara, misalnya dengan menyetel suhu AC agar tidak terlalu dingin agar tidak membuat kantuk. Lalu, perhatikan juga pola dan jenis makanan saat sahur.

 

  1. Pentingnya Konsentrasi

Konsentrasi sangatlah penting, dan konsentrasi akan sangat diganggu oleh rasa kantuk. Untuk itu bila mengantuk, ada baiknya menepi dan beristirahat sampai rasa kantuk benar-benar hilang.

 

  1. Mengendalikan Diri

Seperti kita tahu, kota besar seperti Jakarta memiliki tingkat macet yang tinggi, apalagi banyak juga pengemudi yang patut dipertanyakan cara mengemudinya. Emosi pun sering terpancing. Tapi, tahanlah diri Anda karena itu bisa merusak konsentrasi. Selain itu, esensi puasa sendiri adalah proses melatih pengendalian diri.

 

  1. Manfaatkan Teknologi

Untuk mendapatkan rute terbaik, manfaatkanlah teknologi peta digital seperti Google Maps ataupun Waze sehingga tenaga dan pikiran tidak terkuras saat macet.

 

“Mengemudi saat menjalankan puasa seringkali mempengaruhi fungsi kognitif dan memberikan efek pada pengemudi seperti lelah dan mengantuk sehingga dapat mengurangi konsentrasi. Kami harap kiat tersebut dapat diterapkan agar pengemudi tetap memperhatikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan saat berkendara dalam keadaan berpuasa, baik untuk diri sendiri maupun orang lain,”  tutup Hariadi, Asst. to 4W, 2W & Marine Service Dept. Head PT SIS.