Raize, mobil ini merupakan sebuah SUV kompak dari Toyota yang sebelumnya dirilis di Jepang pada tahun 2019. Di Jepang, mobil ini menjadi salah satu mobil dengan penjualan terbaik.

Kini, mobil tersebut hadir di Indonesia per 30 April 2021 bersama dengan saudara kembarnya, yaitu Daihatsu Rocky. Mereka pun akan berhadapan langsung di segmen SUV kompak yang masih segar, melawan Kia Sonet dengan segudang fitur dan Nissan Magnite dengan mesin turbonya.

Ukuran kompak ini terlihat dari ukurannya dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Wheelbase-nya sendiri mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.

Toyota Raize hadir dalam 6 varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T. Tentunya rangkaian varian ini hadir karena kebutuhan orang yang berbeda-beda.

Untuk urusan desain, Toyota menerapkan konsep “Bold and Active” pada tampilan luar dan “Comfort and Utility” pada bagian dalam untuk membangun citra muda dan aktif baik di luar, maupun di dalam.

Tampilan aktif terlihat dari tampilan eksterior dengan bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED, dan velg besar 17 inch pada tipe 1.0T.

 

Interior yang nyaman serta canggih ditunjukkan dengan MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Kecanggihan ini berlanjut ke fitur-fitur lain seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design dan terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder.

Bahkan, fitur Personal Reminder bisa dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Untuk keselamatan, pada tipe tertinggi, yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS  ada 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. TSS sendiri adalah singkatan dari Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model premium.

Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Toyota Raize hadir dengan range harga untuk OTR DKI khusus bulan Mei mulai Rp 219.900.000,- (One Tone Color)  dan Rp 222.200.000,- (Two Tone Color) sampai model tertinggi dengan harga Rp 263.700.000,- (One Tone Color) dan Rp 265.900.000,- (Two Tone Color).