Toyota Raize akhirnya dirilis di Indonesia. Yang menarik, Toyota merilis mobil ini dengan pilihan mesin 1.000cc turbo yang jarang ditemui. Mesin ini sendiri mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 PS dan torsi 140 Nm.

Maklum bila mesin turbo seperti ini jarang ditemui di Indonesia. Hal ini karena beberapa pertimbangan. Misalnya banyak konsumen yang tidak mengerti cara merawat mobil turbo sehingga malah mengalami kerusakan.

Tapi, sebenarnya tidak sesulit itu, Auto2000 pun memberikan beberapa tips dalam merawat mobil dengan mesin turbo.

1. Pelajari Buku Manual Kendaraan
Buku manual kendaraan berisi panduan tertulis dan gambar dalam bentuk ilustrasi sederhana dan mudah dipahami. Buku manual berisi informasi penting seperti garansi, keselamatan kendaraan, instruksi instalasi, identifikasi masalah, instruksi pengaturan, spesifikasi produk serta instruksi perawatan dan pemecahan masalah. Dengan membaca buku manual, Anda dapat mempelajari cara merawat dan memperlakukan mobil turbo yang benar.

2. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat
Mesin turbo membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi mengingat rasio kompresi ketika pembakaran sangat tinggi. Asupan bahan bakar yang tidak tepat, seperti nilai oktan di bawah rekomendasi, akan membuat pembakaran tidak berlangsung sempurna yang membuatnya kehilangan tenaga dan menyebabkan knocking atau ngelitik. Dalam jangka panjang jika diabaikan bisa merusak mesin. Kondisi ini juga akan menghasilkan residu pada gas buang yang akan menempel di turbin jika didiamkan akan merusak komponen turbo.

3. Perhatikan Kondisi Oli Mesin
Komponen turbo mendapatkan pelumasan dari oli yang sama dengan oli yang dipakai untuk melumasi komponen mesin. Mengingat kinerja turbo yang terbilang berat karena sanggup berputar hingga 25.000 – 30.000 rpm, maka wajib digunakan oli yang sesuai kebutuhan untuk memastikannya tetap bekerja dengan baik dan menjaga daya tahan turbo. Gunakan oli TMO yang sesuai rekomendasi pabrikan dan rutin menggantinya waktu servis berkala.

4. Ganti Filter Udara Secara Berkala Sesuai Buku Pedoman Service
Turbo mengisap udara dari luar untuk dimampatkan ke dalam ruang bakar mesin. Selalu perhatikan kondisi filter udara untuk memastikannya bekerja optimal menyaring kotoran supaya tidak ikut terbawa. Segera ganti kalau filter udara terlalu kotor karena akan menghambat aliran udara dan jangan dibersihkan karena akan membuat elemennya rusak mengingat kuatnya dorongan turbo. Sama dengan oli mesin, pastikan untuk selalu mengganti saringan udara sesuai ketentuan waktu servis berkala di bengkel Auto2000.