Sejak diberlakukan pada bulan Maret 2021, relaksasi PPnBM 100% dari pemerintah untuk beberapa mobil rupanya berhasil mendorong penjualan mobil. Salah satu buktinya adalah dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.

Sejak periode tersebut, PT MMKSI mengalami kenaikan penjualan yang signifikan dibandingkan periode tanpa relaksasi PPnBM. Tercatat, MMKSI menjual 7.516 unit mobil dengan pangsa pasar 12,6% pada bulan Mei 2021. Terjadi kenaikan 37% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Pada segmen kendaraan penumpang MMKSI mencatat penjualan 5.195 unit, dan di segmen kendaraan niaga ringan MMKSI mencatat penjualan 2.321 unit. 

Mitsubishi Xpander sendiri menjadi kontributor terbesar dengan angka 49,6%, disusul oleh L300 dengan angka 22,6% lalu Pajero Sport di posisi ketiga dengan kontribusi 18,9%.

Beberapa pencapaian lain yang terkait dengan penjualan ini antara lain:

  • Pangsa pasar model Xpander (termasuk Xpander Cross) mencapai 29% pada segmen small MPV dengan peningkatan penjualan sebesar lebih 61% selama periode program insentif PPnBM 100% (Maret – Mei 2021) dibandingkan dengan periode kuartal sebelumnya tanpa program insentif (Desember 2020 – Februari 2021)
  • New Pajero Sport menjadi pemimpin pasar dengan lebih dari 60% pangsa pasar di segmen Medium SUV 2.500 CC (4×2 dan 4×4)
  • L300 memimpin di segmen Small Pick-Up 4×2 dengan pangsa pasar dengan lebih dari 64%
  • Mitsubishi Triton memimpin segmen Pick-Up 4×4 dengan 58% pangsa pasar

“Rasa terima kasih dan apresiasi tertinggi kami untuk para konsumen yang telah mempercayakan pilihannya pada lini kendaraan penumpang Mitsubishi Motors, juga Pemerintah yang telah menginisiasi program relaksasi PPnBM dan memberikan kontribusi efek positif untuk penjualan model Xpander dan Xpander Cross. Kami baru saja meluncurkan kembali edisi spesial Xpander Rockford Fosgate Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition untuk mengakomodasi antusiasme dan penerimaan yang sangat baik atas edisi sebelumnya. Edisi spesial ini diharapkan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi beragam preferensi dan kebutuhan konsumen serta mendukung penjualan model Mitsubishi Motors di Indonesia,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.