Setelah berlangsung selama kurang lebih satu bulan, Honda Prospect Motor dengan NeverTooLavish akhirnya resmi mengumumkan pemenang dari kompetisi City Hatch Art yang digelar pada 25 Juni hingga 30 Juli lalu.

Total, terdapat lebih dari 400 kontestan pada ajang ini. Kemudian, para juri dari NeverTooLavish menyeleksi seluruh karya ini menjadi top 50, top 15, hingga akhirnya top 3. Nantinya, 3 pemenang akan bekerja sama untuk berkarya pada sebuah Honda City Hatchback sungguhan yang akan ditampilkan di Honda Dreams Cafe mulai dari 27 Agustus 2021.

Pemenang dari ajang ini adalah Ferdiansyah Ramadhan dari Depok. Karya Ferdiansyah terpilih menjadi pemenang karena konsep “Light the Future” yang ia terapkan dinilai sesuai dengan tema kompetisi ini, yaitu “City Light & Vibrant”. Ferdiansyah menampilkan warna-warna segar yang menggambarkan semangat di masa depan. 

Menurut Ferdiansyah, desainnya selaras dengan era digital saat ini, dimana ia menggambarkan kemampuan robot-robot di masa depan dengan mengkolaborasikan estetika dan teknologi pada bodi Honda City Hatchback RS. 

Ferdiansyah pun berimajinasi tentang masa depan yang juga menggambarkan kesan canggih pada Honda City Hatchback RS yang cocok dengan generasi millenial. 

Hasil kerja kerasnya ini memberikan hasil berupa hadiah uang tunai sebesar Rp15.000.000.

Kemudian pada posisi kedua, ditempati oleh Deden Desma Hikmawan dari Depok yang mengikuti trend kaum milenial saat ini terlihat sangat penuh dengan warna. 

Pada bagian depan terdapat gambar sayap kupu-kupu yang terlihat menyatu dengan headlamp mobil hingga membentuk seperti alis mata. Pada bagian samping mobil, Deden menggambarkan aktifitas anak muda seperti bermain skateboard. Desain graffiti dengan motif bunga warna-warni serta gambar gedung-gedung ikonik Jakarta juga memeriahkan desain karya Deden ini. 

Ia pun mengakui bahwa 99% desainnya adalah vector, sehingga ia menggambar sendiri semua elemen yang ia ambil dari foto asli ataupun sedikit memodifikasi gambar yang ada. Menurut para juri, karya dari Deden memiliki unsur warna yang vibrant dan memiliki keunikan serta tingkat kesulitan pekerjaan yang cukup tinggi.

Alhasil, Deden berhak membawa hadiah sebesar Rp10.000.000.

Terakhir pada posisi ketiga, ditempati oleh Muhammad Irfan Intana dari Bogor. Karya desain dari Muhammad Irfan dinilai memiliki ciri khas tersendiri dan dapat menjadi warna baru saat melakukan kolaborasi bersama dengan para juri nantinya. 

Muhammad Irfan mengaku bahwa desainnya memiliki tema ‘City Futurism’ dengan style geometric abstract. Desainnya yang futuristik, stylish serta modern sangat cocok untuk diaplikasikan pada mobil Honda City Hatchback RS.

Ia pun berhak membawa pulang hadiah berupa uang tunai Rp.5.000.000.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Kami menyampaikan selamat kepada para pemenang serta seluruh peserta yang telah antusias mengikuti ajang desain virtual ini. Kami sangat senang dapat mengadakan kompetisi yang dapat menjadi wadah bagi para anak muda untuk dapat tetap kreatif dan produktif dalam mengekspresikan diri mereka secara positif dari rumah masing-masing. Semoga dengan adanya kompetisi ini, lebih banyak lagi desainer Indonesia yang dapat menyalurkan bakatnya bersama dengan Honda City Hatchback RS.”

Bernhard Suryaningrat sebagai Co-Founder dari NeverTooLavish juga berkomentar, “Setiap pemenang yang terpilih tersebut memiliki ciri khas yang berbeda diantara peserta yang lainnya, semuanya terlihat memenuhi persyaratan daripada poin-poin penting yang ditetapkan berdasarkan tema yang ditentukan. Ketiga peserta ini terpilih karena mereka berani berpikir outside of the box artinya mereka menaruh objek-objek yang tidak umum dan itu menjadi sesuatu yang baru, mereka berhasil membuat warna baru bagi industri modifikasi otomotif.”

Selain nantinya akan berkolaborasi untuk berkarya di sebuah Honda City Hatchback sesungguhnya, mereka juga akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan workshop bersama para juri secara eksklusif.