DeepEnders pasti pernah mendengar rumor tentang kehadiran mobil ini melalui berbagai media. Pastinya, spyshot juga sudah pernah tersebar. Pastinya, semua hal tersebut cuma bikin makin penasaran untuk melihat Hyundai Staria di Indonesia. Pasalnya, desain staria sangat menggebrak pasar MPV.

Kini rasa penasaran tersebut sudah bisa terobati, karena Hyundai Motor Indonesia telah merilis Hyundai Staria secara virtual pada 20 Agustus 2021.

Hyundai Staria yang hadir di Indonesia memiliki desain yang bisa dibilang tidak berbeda dengan pasar lain. Tampilannya tetap sangat futuristis dengan DRL LED yang membentang pada bagian depan, serta lampu LED yang tersusun rapih di bagian bumper.

Siluet yang dihasilkan Hyundai Staria sangatlah unik. Memang Staria adalah sebuah MPV yang mengotak, namun desain dan siluetnya tetap dibuat aerodinamis. 

Keunikan juga terlihat pada bagian velg dimana biasanya two-tone mengandalkan warna chrome dan hitam, Hyundai memilih warna tinted brass yang dikombinasikan dengan chrome, memberikan kelir berbeda.

Berlanjut ke belakang, tampilan Hyundai Staria tetaplah futuristis, apalagi lampu LED yang terletak disamping bagasi dengan smart power tailgate ini disusun menyerupai bentuk piksel.

Kemudian, salah satu selling point utama dari mobil ini adalah interiornya yang lega. Bahkan jargonnya saja mengatakan “Larger Than Life”.

Hyundai Staria di Indonesia hadir dengan 2 tipe, yaitu Signature 7 dan Signature 9.

Keduanya memiliki kabin yang serupa, masih memiliki instrument cluster 10,25 inci LED full colour yang besar bagi pengemudi, sistem hiburan yang terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto, serta jok kulit premium yang tersedia dalam 2 warna, yaitu hitam dan coklat two-tone.

Untuk keselamatan, selain sistem keselamatan pasif, Hyundai juga menghadirkan beragam sistem keselamatan aktif serta asistensi pengemudi berupa Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Blind Spot Collision avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, Manual Speed Limit Assist, Rear Cross Traffic Avoidance Assist, dan terakhir Surround view Monitor.

Hyundai mengandalkan mesin 2.200cc CRDi Turbo Diesel dengan turbo E-VGT yang menghasilkan daya 177 ps di RPM 3.800 dan torsi 430 Nm pada RPM 1.500 hingga 2.500. Mesin ini sendiri sudah memiliki standar emisi Euro 4.

Mesin ini dihubungkan ke transmisi otomatis 8 percepatan yang dikontrol dengan sistem Shift-by-Wire yang bisa dijumpai pada mobil Hyundai lainnya seperti Santa Fe maupun Palisade.

Untuk harga, Hyundai merilis kedua mobil ini dengan harga Rp1.020.000,00- untuk varian Signature 7, dan Rp888.000.000,00- untuk varian Signature 9.

Hyundai juga akan memberikan layanan purna jual berupa garansi 3 tahun atau 100.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu), gratis jasa perawatan untuk 5 tahun atau 75.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu), gratis suku cadang untuk 3 tahun atau 45.000km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu, road assistance 24 jam, serta layanan Hyundai Kemana Saja.