Mitsubishi Xpander benar-benar fenomenal.
Langsung populer tanpa halangan. Kemudian berjalan penuh kepastian, penjualan Mitsubishi Xpander pun mampu menyalip si juara bertahan Toyota Avanza.
Publik saat itu terkejut.
Pertama, dari tampang dan desain keseluruhan yang fresh. Kedua, dari fiturnya. Ketiga, dari harga yang kompetitif dengan kompetitor. Dan keempat, ini paling penting, adalah informasi bahwa mobil ini benar-benar didesain dan diproduksi berbasis riset memetakan kebutuhan pembeli/pemilik mobil keluarga.
Respon publik lumayan heboh. Di pameran mobil, pengunjung membludak. Di ajang test drive, yang ingin mencoba rela antri. Bahkan Mitsubishi sendiri tanpa henti membuat program yang mengenalkan Mitsubishi Xpander ke khalayak ramai, hingga ke daerah-daerah.
Namun DeepEnd melihat hal-hal dibalik layar. Bahwa PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), selaku distributor mobil penumpang Mitsubishi, memang sudah siap dari jauh-jauh hari. DeepEnd menghimpun data bahwa MMKSI melakukan riset mendalam selama 3 tahun!
Restrukturisasi dan revitalisasi bisnis dengan pemisahan lini kendaraan penumpang dan kendaraan komersial. Sehingga fokus bisa terjadi hingga ke jaringan dealer. Pengembangan tersebut meliputi hardware, software sampai sumber daya manusia.
Sehingga pondasi fundamental itu sudah siap mengambil nafas panjang mengikuti “ritme maraton” penjualan mobil di kelas ini. Faktanya hingga September 2021, Mitsubishi Xpander masih saja ramai kita temukan hilir mudik di jalanan.
Tapi DeepEnd mesti tegas mengakui, Xpander memang nyaman dan punya sisi maskulin yang menonjol. Kedua aspek ini membuatnya pantas menjadi pelindung keluarga. Selaras dengan kunci penting dalam kendaraan Mitsubishi yaitu tangguh dan perawatannya mudah.
Mari kita tengok fitur dan keunggulan Mitsubishi Xpander. Bagi yang sudah mengetahuinya, anggaplah ini sebagai flashback.
Yang pertama, kentara sekali dari muka depannya. Posisi lampunya itu loh, berada di bawah. Tapi rupanya hal itu bukan sekadar desain wajah yang baru, melainkan juga sejalan dengan identitas terbaru pada setiap mobil Mitsubishi Motors yaitu Dynamic Shield, sebuah bahasa desain global bagi produk-produk Mitsubishi Motors di masa depan.
Dynamic Shield diciptakan Tsunehiro Kunimoto untuk mengubah image perusahaan, dimana Kunimoto-san juga ikut mengembangkan Mitsubishi Xpander. “60 tahun saya mendesain mobil, yang paling menantang adalah Xpander karena benar-benar desain yang baru bagi Mitsubishi,” ucap Kunimoto. Kesimpulannya, pemilik Mitsubishi Xpander itu membeli desain global yang inovatif.
Poin kedua, Mitsubishi Xpander menawarkan berbagai kelebihan interiornya. Sementara kompetitor, tidaklah lebih lega darinya. Dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.730 mm serta jarak sumbu roda 2.775 mm, mempengaruhi terciptanya ruang lapang bagi penumpang di depan dan belakang.
Coba kita kaitkan dengan keadaan New Normal. Xpander relatif punya kontribusi mendukung kondisi ini. Misal, sandaran tangan (arm rest). Jika ini difungsikan, membuat penumpang tetap terjaga jaraknya.
Selain itu terdapat banyak tempat penyimpanan di dalam Mitsubishi Xpander. Hal ini sangat cocok dengan kondisi normal baru yang mengharuskan kita membawa berbagai peralatan pribadi. Lantas bila diharuskan duduk terpisah akibat kebijakan penumpang mobil di kala New Normal, maka penumpang belakang di baris ketiga tak merasa kepanasan berkat kemampuan AC double blowernya.
Dalam interiornya, DeepEnder bisa menikmati konektivitas smartphone melalui head unit 7 inci yang sudah memiliki tweeter untuk hasil suara yang lebih baik pada varian Ultimate dan Sport. Jangan lupa, outlet pengisian daya smartphone juga sudah tersedia dari depan hingga belakang.
Di luar itu, DeepEnd mencatat 5 fitur yang baru di kabinnya. Flexible seating arrangement yang juga mempermudah akses masuk-keluar, ruang kabin senyap, meter cluster information display yang super kontras dan penuh warna, sistem operasi tanpa kunci dengan start/stop engine button, serta tilt and telescopic steering yang canggih mengatur kemudi naik-turun maupun maju-mundur, agar pas dan nyaman dengan posisi pengemudi.
Kabin bukan cuma legaaa…, tapi modern juga. Desain dasbornya yang terkesan “mengalir”, membuat kesan interior yang lebih kekinian. Lantas jok untuk 7 penumpang. Dan bagi yang ingin tampil lebih sporty, Mitsubishi menyediakan desain interior dominan warna hitam. Dilengkapi carbon fiber sebagai penunjang sporty (ada di tipe Sport).
Poin ketiga, yang membuat terkejut dan kagum adalah penggunaan suspensi yang risetnya berfokus pada kontur dan kondisi jalanan di Indonesia. Enak dibawa ke Puncak, sanggup ke Kilometer 0, dan nyaman di kontur jalanan aspal yang tak semuanya mulus.
Soal suspensi Xpander, dibocorkan oleh Rifat Sungkar, merupakan yang terbaik di kelasnya. Bahkan, Rifat menyamakan suspensi Xpander dengan SUV di atas Rp 300 juta. “Struktur suspensi Xpander mengadopsi Evo X, yang asik diajak nikung kencang. Namun peredam kejut yang digunakan milik MPV agar nyaman. Kombinasi ini membuat Xpander stabil di tikungan, tapi juga nyaman,” ucap Rifat.
Prinsip kerjanya mengacu pada wheelbase mobil yang pendek. Dipasanglah suspensi empuk dengan teknologi Evolution, travel per yang lebih panjang, dan strut bar diambil dari Evo X pada bagian tuas mounting atas shockbreaker depan, plus pemakaian ban lebih lebar.

Dok. PT MMKSI
Hal ini menjadi paduan yang lengkap, terlebih Mitsubishi Xpander telah memiliki sasis baru. Kesimpulan dari paket canggih ini: limbung keredam, nyamannya muncul. Meskipun ground clearancenya tinggi, mobil ini tetaplah stabil, bahkan ketika diajak menikung.
Salah satu narasumber DeepEnd, Mr. AJ yang menggunakan Mitsubishi Xpander, seringkali menarik rem tangan Xpander untuk melakukan aksi drifting kecil-kecilan di area sepi dan tertutup guna mengobati rasa kangen akan dunia drifting. Darinya kita ketahui, besutannya tetap stabil, dan seluruh roda tetap menapak pada permukaan. Bahkan ungkapnya, mobil ini sangat mudah untuk diinisiasi dalam melakukan drifting. Padahal, Mitsubishi Xpander Mr. AJ ini 100% standar, karena memang ini adalah mobil hariannya, bukan mobil balapnya.
“Suspensinya enak buat harian, itu oke banget. Apalagi karena belakangnya mirip sama Lancer Evolution X. Berjalan pada kecepatan tinggi buat sekelas LMPV oke banget, nikungnya enak. Dibanding saingannya, Xpander gua taruh di posisi paling atas. Bodi dan kaki-kaki cocok buat yang hobi ngebut dan mau buat daily,” ujar Mr. AJ.
Level sporty mobil ini dinaikkan satu tingkat oleh Rifat Sungkar dengan membuat sebuah mobil reli kelas AP4 berbasiskan Xpander yang berlaga dengan tim Xpander Rally Team. Memang spesifikasinya berbeda, tapi memiliki prinsip yang sama. Hal ini membuktikan bahwa Mitsubishi Xpander adalah platform yang bisa diajak bersenang-senang.
Mesin 1.500 cc berteknologi MIVEC ini juga memiliki tenaga 105 PS di RPM 6.000 dan torsi 141 Nm pada RPM 4.000. Mesin ini sangat cukup untuk melewati berbagai medan di Indonesia serta untuk mengangkut para penumpang.
Dengan perpaduan sempurna antara mesin, sasis, teknologi, serta suspensi yang andal, menjadikan Mitsubishi Xpander sebagai LMPV terbaik yang tersedia di pasaran. Tidak heran bila mobil ini sempat beberapa kali menjadi mobil terlaris di Indonesia.
Mitsubishi Xpander pun berkembang untuk semakin memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Pertama, dirilislah varian Mitsubishi Xpander Cross yang menjadi saudara kembar Xpander dengan gaya crossover yang lebih tangguh. DeepEnd sendiri baru saja membahas tentang si Xpander Cross ini di artikel sebelumnya.
Gaya crossover ditampilkan melalui desain bumper berbeda yang lebih tangguh lengkap dengan skidplate. Bagian samping pun lengkap dengan body cladding plastik berbeda warna yang menguatkan citra crossover.
Kemudian, saudara kembar ini kembali berevolusi dalam bentuk edisi terbatas, yaitu edisi Rockford Fosgate Black Edition. Edisi terbatas ini bahkan sampai dua kali dirilis, akibat peminatnya sangat tinggi. Tampilan mobil serba hitam, sesuai dengan namanya. Misalnya grill yang hitam, serta velg yang hitam.
Selain treatment hitam pada beberapa aspek, sesuai dengan namanya, Xpander dan Xpander Cross telah dilengkapi dengan Rockford Fosgate yang memberikan audio lebih premium.
Dengan seluruh kelebihannya ini dan variasi dari Xpander, Mitsubishi Xpander telah membuktikan dirinya sebagai MPV yang serba bisa, dan menjadi basis yang sempurna untuk berbagai kebutuhan, tidak hanya sebagai pengangkut penumpang.