Dunia yang semakin modern kini semakin memasuki era robotik. Robot dan automasi telah membantu manusia menjadi lebih efisien, misalnya pada bidang industri karena kepresisiannya.

Hyundai sendiri, telah memiliki visi global terkait dengan hal ini yang dinamakan ‘Progress for Humanity’. Salah satunya adalah menghadirkan era baru robotik.

Salah satu cara Hyundai mewujudkan visi tersebut adalah dengan adanya kolaborasi antara Hyundai Motor Group dan Boston Dynamics dalam menciptakan sebuah robot kaki empat yang dinamakan Spot.

Spot adalah sebuah robot komersil pertama yang diciptakan oleh Boston Dynamics. Keempat kaki Spot dapat bergerak dengan lincah serta mampu menghindari rintangan dan melewati permukaan kasar secara jauh lebih baik dari pada menggunakan roda. 

Selain itu, keempat kaki tersebut juga cukup kokoh untuk menopang beban hingga maksimal seberat 13,6 kg barang bawaan atau kargo. 

Spot sendiri pernah hadir dalam video klip single BTS yang berjudul ‘IONIQ: I’m On It,’ yaitu sebuah lagu yang menyemarakkan peluncuran merek kendaraan listrik spesial dari Hyundai, IONIQ Electric. 

Melalui video tersebut, Hyundai secara global turut ingin merayakan masuknya Hyundai ke dalam lini bisnis robotik dengan cara mengkombinasikan beragam elemen robotik ke dalam kegiatan sehari-hari.

Tujuan dari kolaborasi ini adalah agar Hyundai Motor Group dapat terus mengembangkan konsep mobilitasnya yang mencakup autonomous car, logistik, dan Urban Air Mobility.

Spot sendiri sedang berada di Indonesia, setelah mengunjungi The Forum, Mall Kelapa Gading 3 pada tanggal 1 hingga 5 September lalu, Spot akan hadir di serangkaian Hyundai City Store.

SungJong Ha, President Director of HMID mengatakan, ”Hyundai secara konsisten terus memperkuat posisinya sebagai game-changer melalui berbagai terobosan terdepan dalam rangka mencapai visi kami yaitu Progress for Humanity. Di Hyundai, kami tidak pernah berhenti, namun terus maju dan berusaha untuk mencapai solusi mobilitas ke tingkat selanjutnya. Kehadiran Spot di Indonesia akan menekankan bahwa kepiawaian Hyundai secara global tidak hanya terbatas pada menghadirkan mobil-mobil berkualitas, tapi juga berfokus dan tanpa henti menghadirkan beragam inovasi.”